Pemkab Tabanan Gelar Sosialisasi Pamsimas III Wujudkan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat  

20
Sosialisasi mendatangkan narasumber dari Koordinator Provinsi Program Pamsimas Bapak Effendi, dan Koordinator Pamsimas Tabanan Apliana Herlin.  (man)

Tabanan (Bisnis Bali ) – Memenuhi kebutuhan akan penyediaan air bersih dan sanitasi, pemerintah pusat telah meluncurkan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Keberhasilan program Pamsimas I dan Pamsimas II berlanjut dengan program Pamsimas III pada 2016-2019.

Sosialisasi terkait Program Pamsimas III kembali dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tabanan melalui Bapelitbang Tabanan, Jumat (12/5), di Ruang Rapat Kantor Bupati Tabanan. Hadir dalam acara tersebut Sekda Kabupaten Tabanan, I Nyoman Wirna Ariwangsa, Kepala Bapelitbang Kabupaten Tabanan, Ida Bagus Wiratmaja, dan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Pemkab Tabanan.

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wirna Ariwangsa yang juga merupakan Ketua Pokja Sanitasi dan Air Minum mengatakan, untuk mendukung program 100-0-100 pemerintah pusat telah meluncurkan program Pamsimas.

“Pamsimas III merupakan pelaksanaan 2 (dua) agenda nasional meliputi peningkatan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan yaitu, air bersih untuk rakyat dan sanitasi total berbasis masyarakat,” ujarnya.

Pamsimas III juga menjadi strategi program pembangunan air minum dan sanitasi pedesaan berbasis masyarakat. “Dengan demikian berbagai program pembangunan air minum dan sanitasi dengan berbagai sumber pendanaan yang ada dapat menggunakan pendekatan atau skema program Pamsimas,” ucapnya.

Dengan telah terbangunnya sistem penyediaan air minum pedesaan melalui program Pamsimas di 2014-2017 di Kabupaten Tabanan yang telah mencapai 30 desa, diharapkan mampu meningkatkan target capaian air minum dan sanitasi masyarakat sehingga dapat mencapai dan mendukung pencapaian akses universal nasional.

“Keberhasilan sangat penting untuk dilaksanakan sehingga permasalahan air minum dan sanitasi di desa program Pamsimas dapat dituntaskan,” ungkapnya. (man)

BAGIKAN