Tampil di BFT, Desainer Denpasar Siapkan Endek Semi Casual

18

Denpasar (Bisnis Bali) –  Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Denpasar kembali men-suport para desainer Denpasar tampil dalam ajang Bali Fashion Trand (BFT) berlangsung mulai Jumat (19/5) hingga Minggu (21/5) mendatang.

Di bawah Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra, memberikan dukungan serta melibatkan dua Desainer Denpasar yakni, Lusi Damai dan Dhevinta Tito tampil dalam ajang ini lewat endek semi casual formal.

“Kami tak pernah berhenti untuk terus mendorong inovasi para perajin maupun desainer Denpasar untuk mempromosikan karyanya dalam ajang daerah dan nasional,” ujar Ketua Dekranasda Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra, Rabu (10/5), saat bertatap muka dengan Lusi Damai dan Dhevinta Tito, di kediamannya Renon, Denpasar.

Lebih lanjut Ny. Selly mengatakan, langkah promosi lewat fashion dilaksanakan tak terlepas dari endek yang telah memasyarakat tidak hanya di Bali namun juga hingga di luar Bali yang tidak saja diperuntukkan sebagai pakaian kantor, namun juga dapat dijadikan pakaian semi formal. “Endek di samping dikenal dipergunakan sebagai pakaian formal, namun lewat inovasi desainer dapat juga dipakai pakaian santai sehari-hari,” ujar Selly.

Hal ini juga harus didukung dengan desain pemilihan corak dan warna yang selalu diinovasikan para desainer lokal tak terlepas dari  kain endek Bali yang terkenal dengan ragam corak dan warna yang datang dari keindahan budaya Bali. Ny. Selly juga mengatakan, tantangan para desainer saat ini, adalah kekurangan pada tenaga kerja tenun ikat yang sangat kurang diminati generasi muda. Namun hal ini telah dilakukan langkah Pemkot Denpasar dengan merangkul siswa sekolah lewat memasukkan tekhnik menenun ikat dalam program ekstrakulikuler sekolah. Selain  itu, di berbagai even Denpasar langkah sosialisasi dan promosi tetap dilakukan sehingga dapat memberikan informasi kepada masyarakat luas bagaimana pengerjaaan detail kain endek Bali.

“Dalam ajang ini kami dorong dua Desainer Denpasar menampilkan masing-masing 10 desain endek,” jelasnya.(sta)

BAGIKAN