Giri Prasta Serahkan Hibah Rp 400 Juta Hadiri Ngingsirang Ida Batara di Pura Ratu Gede Batu Madeg Kapal  

24
ist HIBAH - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan bantuan dana hibah Rp 400 juta yang diterima kelian pura Putu Anom Darma Putra, di Br. Celuk, Desa Kapal, Kecamatan Mengwi, Rabu (10/5) lalu.

Mangupura (Bisnis Bali) – Dalam rangka pembangunan Pura Ratu Gede Batu Madeg di Br. Celuk, Desa Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Rabu (10/5) lalu, dilaksanakan acara ngingsirang Ida Batara. Acara ini dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Camat Mengwi I Gst. Ngr Gde Jaya Saputra, Lurah Kapal, Bendesa Adat Kapal, Kepala Lingkungan Br. Celuk dan tokoh masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta bersama masyarakat melaksanakan persembahyangan bersama dan pada akhir acara Bupati menyerahkan bantuan dana hibah Rp 400 juta yang diterima kelian pura Putu Anom Darma Putra.

Bupati Badung menyampaikan apresiasi dan mendukung krama Pura Ratu Gede Batu Madeg, melaksanakan perbaikan pura yang di-empon 44 kepala keluarga. “Kami mohon paiketan dan pasemetonan Pura Ratu Gede Batu Madeg selalu dijaga supaya selalu pakedek pakenyem selunglung subayantaka. Kami dari pemerintah selalu mendukung kegiatan krama. Kami sebagai bupati tahu umat Hindu habis waktunya di adat. Kami berkomitmen akan membantu sampai selesai pembangunan di Pura Ratu Gede Batu Madeg. Selain itu, banyak uang krama habis di adat,” katanya.

Lebih lanjut Giri Prasta mengatakan, RPJMD semesta berencana Badung 2016-2021 menetapkan lima program skala prioritas yang meliputi sandang pangan dan papan, kesehatan dan pendidikan jaminan sosial dan tenaga kerja, seni adat agama dan budaya serta pariwisata. Pemkab pun memprioritaskan pembangunan di desa.

“Kami berkomitmen mewujdkan desa yang mandiri dan berdikari atau berdiri di atas kaki sendiri. Untuk itu pemerintah desa/kelurahan maupun masyarakat agar  menggali potensi yang ada. Di Kapal ini, kami dorong sebagai daerah perekonomian.baik sebagai daerah industri dan masyarakat di Kapal ini kami akan buatkan pelatihan terlebih dahulu dan dagang-dagang ini dikumpulkan dan dibuatkan kelompok. Selain itu, pemangku kayangan tiga di Badung semua kami akan beri gaji. Daerah kapal ini kami akan dorong supaya menjadi daerah industri yang lebih maju dan terkenal,” katanya.

Bupati Giri Prasta juga berpesan kepada masyarakat dan khususnya generasi muda untuk menjauhkan diri dari obat obat terlarang atau narkoba.

Kelian Pura Ratu Gede Batu Madeg Putu Anom Darma Putra sangat berterima kasih kapada Bupati Badung yang merakyat ini. Bupati dinilai selalu mendengarkan suara rakyat. “Kami sangat berterima kasih atas program-proram Bapak yang sangat begitu menyentuh masyarakat khususnya di Desa Kapal, seperti pengobatan gratis, santunan kematian sampai akte kematian, yang lahir langsung mendapat akte kelahiran, mobil pecalang dan ambulan desa,” katanya.

Dia pun memaparkan rencana pembangunan yang akan diperbaiki meliputi kori agung, bale kulkul, candi bentar, dan atap 15 pelinggih. Perbaikan ini diperkirakan menghabiskan dana Rp 400 juta.

Saat ini, krama pura pemaksan punya dana Rp 15 juta, dan krama mengeluarkan dana Rp 250 ribu dari 44 KK untuk dana pembangunan. Pujawali di Pura Ratu Gede Batu Madeg jatuh pada Rabu Kliwon Pagerwesi. (ad932)

BAGIKAN