Budi Daya Ikan Koi Lahan Bisnis Menjanjikan

37

SELAIN sebagai hobi, budi daya ikan koi bisa memberikan lahan bisnis yang sangat menjanjikan. Bisnis ikan koi ini bisa dikatakan sangat menguntungkan karena memiliki prospek yang sangat cerah.

Tidak banyak yang mampu membudidayakan ikan koi dewasa. Jenis ikan yang berasal dari Tiongkok dan lebih banyak tersebar di Jepang ini cukup menantang bagi para pembudi daya. Perawatan hingga jenis makanan dan tingkat kebersihan hingga kelembaban suhu udara yang menentukan kualitas dari ikan koi ini.

Dewasa ini peminat ikan koi masih cukup tinggi. Selain coraknya yang indah yang menjadi keistimewaan dari ikan yang dipercaya membawa keberuntungan ini juga bisa sebagai ajang perlombaan atau kontes yang bisa mengangkat pamor dari ikan koi tersebut hingga mampu memiliki nilai jual yang fantastis. Selain itu, daya tahan hidup ikan koi ini juga mencapai 10 tahun. Hal itu juga yang mendongkrak penjualan ikan koi saat ini yang tidak pernah surut dari tahun ke tahunnya baik digunakan sebagai koleksi atau dibudidayakan, sebagai kegemaran, hingga lahan bisnis.

Berdarkan pantauan Bisnis Bali di salah satu rumah warga di kawasan Desa Kalibukbuk Lovina  Buleleng terdapat tempat pembudidayaan ikan koi yang masih bertahan hingga saat ini.  Made Dwi Sutaryani, salah satu pembudi daya ikan koi ini mengungkapkan, hingga kini permintaan akan pasar lokal hingga mancanegara selalu ada. Hal itu diakuinya karena pangsa pasarnya yang tidak hanya di dalam negeri, juga diekspor ke luar negeri dengan harga yang cukup tinggi. Maka dari itu tidak heran apabila budi daya ikan koi ini jauh lebih memberikan keuntungan.(ira)

BAGIKAN