Jaya Negara: Penguatan Desa Hadapi Berbagai Tantangan

19
Wakil Wali Kota Denpasar, I.GN Jaya Negara saat menghadiri penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat Kota Denpasar yang menilai Desa Dauh Puri Kangin, bertempat di Balai Banjar Gemeh. (sta)

Denpasar (Bisnis Bali) – Pemberdayaan pemerintah desa/kelurahan sebagai aparat terbawah terus dilakukan Wali Kota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Wali Kota, I.GN Jaya Negara.

Melalui lomba desa/kelurahan tingkat Kota Denpasar menjadi salah satu penguatan dalam bingkai peningkatan pelayanan kepada masyarakat, sesuai motto Sewaka Dharma yakni, melayani adalah kewajiban.

Penilaian lomba desa/kelurahan tingkat Kota Denpasar belum lama ini menilai Desa Dauh Puri Kangin, bertempat di Balai Banjar Gemeh. Acara dihadiri Wakil Wali Kota Denpasar, I.GN Jaya Negara, didampingi Wakil Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara, Ketua Dharmawanita Persatuan Kota Denpasar, Ny. Kerti Rai Iswara, Ketua Gatri Wara Kota Denpasar, Ny. Purnawati Ngurah Gede, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Made Mertajaya, dan Camat Denpasar Barat, I.B. Joni Ariwibawa.

Jaya Negara mengatakan, banyak tantangan di segala sektor yang dihadapi Kota Denpasar sebagai ibukota Provinsi Bali. Tantangan ini juga akan dirasakan oleh desa yang berada di daerah perkotaan. Seperti, Desa Dauh Puri Kangin ini. Untuk itulah diperlukan penguatan, baik dari segi pemerintahan maupun sumber daya manusia, agar masyarakat desa memiliki jati diri kuat menuju Denpasar Smart City. 

“Lomba desa/kelurahan tingkat Kota Denpasar ini sebagai dasar memformulasikan program pembangunan di masa yang akan datang,’’ katanya. Selain itu, lomba desa/kelurahan tingkat Kota Denpasar ini juga merupakan langkah konkret meningkatkan pelayanan perangkat desa kepada masyarakat.

Jaya Negara menyebutkan, potensi anak muda juga harus terus digalakan. Seperti dikawasan Desa Dauh Puri Kangin adanya salah satu anak muda yakni, Marmar memiliki potensi dan bakat sebagai pencetus kembali penggunaan ulatan pada ogoh-ogoh. (sta)

BAGIKAN