MICE Dukung Target Kedatangan Wisman

26
DONGKRAK - Sektor MICE di Bali akan mendongkrak kunjungan wisatawan ke Indonesia. (kup)

Denpasar (Bisnis Bali) – MICE telah menjadi bagian penting untuk kepariwisataan Indonesia. Asdep Pengembangan Destinasi Wisata Alam dan Buatan (PDWAB) Kemenpar RI, Ir. Azwir Malaon, M.Sc., Minggu (7/5) mengatakan sektor meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) menjadi penopang pencapai target kedatangan wisman ke Indonesia 2019.

Ia mengungkapkan, MICE menopang pencapai target kedatangan 20 juta orang wisman ke Indonesia. Pemerintah optimis akan terwujud karena konstribusi dari jenis wisatawan bisnis (business

traveller), MICE, dan wisatawan dengan tujuan leisure.

Ia menjelaskan, ini menjadi tantangan untuk target percepatan destinasi MICE. Ini melalui kolaborasi dan sinergitas untuk mencapai target kunjungan wisman ke Indonesia.

Dipaparkannya, hal ini menjadi tantangan pada 2018 untuk MICE Indonesia. Sektor pariwisata bersama-sama memiliki pekerjaan rumah yang secara tidak langsung sebagai salah satu upaya untuk menaikkan reputasi dan kepercayaan internasional sebagai destinasi penyelenggara MICE tingkat dunia yang aman, kondusif dan profesional.

Lebih lanjut dikatakannya, Indonesia terpilih sebagai host country event akbar internasional Annual Meetings International Monetary Fund (IMF) and World Bank (WB) pada bulan Oktober 2018 di Nusa Dua Bali. Ini tentunya akan makin meningkatkan daya saing global destinasi MICE Indonesia.

Ia mengatakan, kedatangan para delegasi internasional/business tourists akan berpengaruh pada peningkatan konstribusi yang cukup besar terhadap sektor pariwisata Indonesia, serta berdampak

positif ke depan bagi industri MICE Indonesia.

Di samping event MICE, di sisi jenis special sport event, pada tahun 2018 Indonesia juga akan menjadi host country untuk penyelenggaraan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang. Ini tentunya menjadi hal penting dan sangat menggembirakan bahwa setidaknya 2 (dua) event akbar tersebut (IMF & Asian Games) yang dapat mendongkrak sektor pariwisata Indonesia.

Menurut Azwir Malaon, semua pihak stakeholders MICE dan pariwisata, baik pusat dan daerah diharapkan bersama-sama untuk meningkatkan sinergitas dan fokus peningkatan daya saing destinasi MICE yang meliputi aksesibilitas, daya tarik MICE, amenitas MICE, serta SDM profesional bidang MICE, di samping tetap bersemangat untuk memperbaiki data yang baik dan benar, serta berkelanjutan. (kup)

BAGIKAN