Kerajinan Kaca Blowing Diminati Pasar Internasional

14
 berbagai jenus kerajinan kaca blowing (ist)

Denpasar (Bisnis Bali) – Kerajinan kaca blowing yang memiliki banyak fungsi seperti akuarium, tanaman dinding,  hingga tempat  lilin ini sangat digemari oleh wisatawan yang berkunjung ke Bali. Hal ini membuat pemasaran kerajinan kaca blowing diminati pasar internasional yang penjualannya paling banyak ke negara Australia.

Hal ini diungkapkan oleh salah seorang pedagang kerajinan kaca blowing, di Pasar Kumbasari, Nitiyasa, belum lama ini. Dia mengatakan, tidak hanya ke Australia, pengiriman kerajinan kaca blowing juga ditujukam ke beberapa negara seperti, Australia, Jepang,  Prancis dan Italia. Selain dikirim ke berbagai negara, banyak juga pesanan  yang  ia dapat dari penjual lokal terutama dari wilayah Kuta.

Diakuinya, untuk pembuatan kerajinan kaca blowing ia memiliki tukang yang ada di wilayah Keramas Gianyar. “Kami di sini lebih kepada pemasaran, sementara pembuatan berpusat di Gianyar,” katanya.

Kerajinan kaca blowing ini, katanya, dilengkapi dengan kayu gamal yang dipakai sebagai penyangga kaca, yang membuat kerajinan ini terlihat unik.  Bentuk yang ditawarkan juga beraneka macam dan sangat menarik. Dia mengaku, akan mengirim kaca-kaca ini sceara langsung, setelah dilakukan pemesanan oleh wisatwan yang datang ke tokonya.

“Saat ini kami sedang melakukan pengepakan barang, jika memang bisa selesai saat ini, maka pengiriman barang ini bisa kami lakukan besok,” katanya. (wid)

BAGIKAN