Bahas Kelanjutan Patung GWK Giri Prasta Rakor dengan Menko Kemaritiman  

106
ist RAKOR - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Rabu (4/5) melaksakan rapat  koordinasi (rakor) bersama Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan terkait kelanjutan pembangunan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK ) di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Mangupura (Bisnis Bali) – Selesai menghadiri Rakornas Kemaritiman yang dibuka Presiden Joko Widodo, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Rabu (4/5) lalu melaksanakan rapat  koordinasi bersama Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan terkait kelanjutan pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK ) di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Hadir pula staf khusus Menko Kemaritiman, Lambok Nahata dan Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi dan Teknologi Informasi Kemenkeu, Susiwijono, Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, Kodam IX Udayana, Komaruddin Simanjuntak, Kapolda Bali, PR Golose,  Wakil Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, Sekkab Badung Wayan Adi Arnawa, Sekkot Denpasar AA Rai Wijaya, Kepala Bappeda Badung I Made Wira Darmajaya, pematung GWK Nyoman Nuarta dan Manajemen BTID Bali.

Luhut Binsar Panjaitan dalam pertemuan tersebut mengatakan, Bali dipilih menjadi lokasi Annual Meeting World Bank dan IMF. Konferensi internasional ini akan berlangsung pada 2018 mendatang. Untuk itu proyek fenomenal GWK yang juga menjadi ikon pariwisata nasional maupun dunia pengerjaannya harus rampung segera. ”Dalam ajang tersebut akan ada 189 negara yang hadir dengan jumlah partisipan bisa mencapai 15.000 orang. Diperkirakan akan ada tidak kurang dari 700 pertemuan yang berlangsung,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan  tersebut dilakukan di Nusa Dua, karena  infrastruktur di Bali sudah siap sebagai tempat berlangsungnya konferensi internasional tersebut. “Nanti terkait pengamanan selain pihak TNI dan Polri yang harus kita libatkan. Kita juga akan libatkan pemerintah daerah yaitu Satpol dan pihak desa adat yaitu pecalangnya,” ungkapnya.

Sementara Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Sekkab Badung, I Wayan Adi Arnawa melaporkan, Pemerintah Kabupaten Badung tentu sangat bangga dipercaya sebagai tuan rumah dan tempat pertemuan berskala internasional tersebut. “Kami dari pemerintah Kabupaten Badung sudah mengeluarkan izin peruntukan sesuai permohonan pembangunan GWK. Saya yang tanda tangan berkasnya,” ucapnya.

Ia mengatakan, pihaknya hanya  tinggal menunggu surat tersebut turun dari Kementerian Agraria Pusat. “Dengan dilanjutkannya pembangunan GWK dan harus selesai tahun 2018, tentunya ini menjadi ikon yang sangat fenomenal bagi Kabupaten Badung dan Bali.  Ini menjadi harapan kita semua sehingga  berdampak positif bagi kunjungan wisatawan dan pariwisata Badung dan Bali ke depannya,” terangnya. (ad907)

BAGIKAN