Sinergitas Program Denpasar Kreatif Rai Mantra Dorong Inkubator Bisnis    

21
Wali Kota Rai Mantra meresmikan dan melihat langsung Inkubator Bisnis Brain Wash Universitas Pendidikan Nasional.(sta)

Denpasar (Bisnis Bali) – Denpasar kreatif menjadi visi dan misi Pemkot Denpasar di bawah kepemimpinan Wali Kota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Wali Kota, I GN Jaya Negara, yang salah satunya mendorong insan kreatif anak muda Denpasar menjadi satu program kreatif. Hal ini juga telah dipersiapkan sarana dan prasarana serta membentuk Badan Kreatif dan Badan Ekonomi Kreatif Denpasar oleh Wali Kota Rai Mantra, yang nantinya diharapkan mampu sebagai wadah bertemunya insan kreatif Denpasar.

Beranjak dari program tersebut, Wali Kota Rai Mantra terus mendorong pergerakan insan kreatif dalam satu wadah yang telah didukung universitas yang ada di Kota Denpasar. “Saya sangat mendorong dan mengapresiasi atas terbentuknya inkubator bisnis di lingkungan kampus yang dapat menampung berbagai kreativitas mahasiswa dalam pergerakan ekonomi kreatif Kota Denpasar,’’ ujar Rai Mantra, Jumat (5/5), saat meresmikan Inkubator Bisnis Brain Wash Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar.

Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan, dari terbentuknya inkubator bisnis di tiap universitas di Kota Denpasar, mampu bersinergi ke depan dengan Badan Kreatif Denpasar dan Badan Ekonomi Kreatif yang telah memiliki visi misi dan program ke depan dalam mewadahi insan-insan kreatif anak muda. Sarana prasaran yang telah dibangun di Taman Pemuda atau Youth Park di Taman Kota Lumintang dapat pula dimanfaatkan sebagai tempat bertemu insan kreatif membahas berbagai pergerakan kreativitas anak muda yang terus berkembang dalam kemajuan teknologi informasi saat ini.

Di samping itu, dari dorongan ini nantinya dapat mewujudkan sebuah wirausaha muda baru Kota Denpasar yang tentunya telah difasilitasi melalui lomba Wirausaha Muda Denpasar yang setiap tahunnya mampu mencetak puluhan wirausaha muda baru. Bahkan peningkatan ini juga pihaknya dukung dengan memberikan wirausaha muda Denpasar untuk menerima pendidikan di Rumah Perubahan Rhenald Kasali di Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Rai Mantra juga menyinggung dalam kemajuan inkubator bisnis Undiknas dapat bersinergi dengan pihak kecamatan dalam pengurus ijin usaha, serta bersinergi penuh dengan Badan Kreatif Denpasar. “Kami harapkan nantinya mampu memberikan kemudahan anak muda berjiwa wirausaha ke depan yang tak terlepas dari kreatifitas yang mereka miliki, serta kemudahan pengurusan ijin usaha yang dapat dilakukan di tingkat kecamatan,’’ ujar Rai Mantra

Sementara Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Denpasar yang juga selaku Bendahara Badan Kreatif Denpasar, Ari Setiya Wibawa mengatakan, Inkubator Bisnis di universitas yang juga didukung dengan adanya HipmiI di Perguruan Tinggi mampu bersinergi bersama dalam Denpasar Kreatif. Hal ini tentunya telah didorong penuh Wali Kota Rai Mantra bersama seluruh jajaran Pemkot Denpasar yang nantinya mampu mewujudkan geliat ekonomi kreatif Kota Denpasar. Melalui Badan Kreatif Denpasar sebagai wadah anak muda kreatif melalui fasilitas Youht Park dapat bersinergi, sehingga mampu memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan Wali kota Rai Mantra di lapangan Lumintang Denpasar. “Mari kita bersama bersinegri antara Pemkot Denpasar, universitas, dan Badan Kreatif Denpasar sehingga mampu beriringan bersama mewujudkan ekonomi kreatif Denpasar,’’ tandasnya. (ad895)

BAGIKAN