Jalankan Fungsi Sosial, Dekatkan BPR dengan Masyarakat

16
SOSIAL - BPR wajib menjalankan fungsi sosial untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. (kup)

Mangupura (Bisnis Bali) – Dalam pengembangan usaha, bank perkreditan rakyat (BPR) dituntut adanya kedekatan industri perbankan dengan konsumen selaku calon nasabah. Sekretaris DPK Perbarindo Badung, Wayan Eka Sudirta, Jumat (5/5) mengatakan, BPR memang perlu menjalankan fungsi sosial, sehingga bisa makin dekat dengan masyarakat dan sektor UMKM selaku pasar BPR.

Ia mengungkapkan, BPR selama ini memang lebih banyak  menjalankan fungsi ekonomi. BPR semestinya tidak hanya berorientasi pada profit. Sebagai industri perbankan BPR juga memiliki fungsi sosial. Fungsi ini wajib dijalankan BPR guna menjaga keseimbangan guna mendekatkan BPR dengan masyarakat di lingkungannya.

Dipaparkannya, fungsi sosial ini tidak beda menjalankan fungsi CSR seperti yang yang dijalankan perusahaan lain pada berbagai sektor. BPR bisa menjalankan program CSR secara kolektif dalam wadah Perbarindo.

Direktur Utama BPR Parasari Sibang ini mencontohkan, DPK Perbarindo Badung sebelumnya melaksanakan fungsi sosial melibatkan anggota BPR di DPK Perbarindo Badung. Ini dalam bentuk kegiatan pemeriksaan mata gratis dengan menggandeng salah satu yayasan sosial.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan sosial ini secara kolektif ini diharapkan bisa dilaksanakan secra berkesinambungan. Ini menyasar masyarakat secara umum yang juga menjadi bagian pasar BPR.

Melalui pelaksanaan fungsi sosial, BPR bisa mengenalkan keberadaan dan produk dari BPR. Harapan kegiatan sosial, masyarakat dan sektor UMKM makin mengenal BPR. Ini pada akhirnya BPR akan makin dekat dengan masyarakat. (kup)

BAGIKAN