Budi Daya Jeruk Bali Prospektif  

28

BUDI DAYA jeruk bali sebenarnya sangat prospektif. Meski namanya jeruk bali, jeruk yang berukuran besar ini sudah mulai langka di Bali. Jeruk bali yang selama ini membanjiri pasar didatangkan dari luar Bali.

Ketua HKTI Kota Denpasar yang juga dosen Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Ni Wayan Sri Sutari, S.P., M.P. mengatakan jeruk Bali atau pomelo adalah tanaman buah asli Asia Tenggara. Tanaman ini cocok ditanam di daerah tropis dengan cahaya matahari yang cukup. Jeruk ini merupakan jenis jeruk yang memiliki ukuran yang paling besar di antara jeruk yang lainnya.

“Kalau mau membudidayakan jeruk bali, harus milih lahan tanam yang baik karena jeruk bali membutuhkan tanah subur serta mendapat cahaya matahari yang cukup,” ungkapnya. Apabila tidak memiliki lahan, bisa menggunakan pot.

Sama seperti budi daya lainnya  pengolahan tanah harus dilakukan. Pertama dengan menggemburkan tanah dan membuat bedegan. “Kalau ingin menanam di sekitar rumah, tanam pada lahan yang cukup mendapat sinar matahari,” tuturnya.

Untuk mendapatkan bibit jeruk bali dapat dilakukan dengan cara cangkok. Bibit cangkok yang baik untuk ditanam ialah yang berasal dari indukan yang sehat dan baik serta cabang yang pernah berbuah sebelumnya, dengan harapan bibit akan cepat berbuah. Namun bila memilih untuk membeli bibit di toko tanaman, pilihlah tanaman yang ada buahnya atau minimal sedang berbunga.

Setelah disiapkan bibit, buatlah lubang dengan ukuran minimal 50 cm x 50 cm x 50 cm. “Pembuat lubang tanam yang agak besar ini, dengan tujuan agar dapat menampung campuran pupuk lebih banyak,” tandasnya. Tanah hasil galian dicampur dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1, kemudian hasil pencampuran pupuk dengan tanah diletakkan di bagian bawah kira-kira 30 cm lalu letakan bibit, setelah itu timbun menggunakan sisa tanah yang telah dicampur pupuk tadi. Jangan lupa beri kayu penopang agar tidak roboh jika terkena angin atau hujan, penopang bisa di hilangkan jika jeruk sudah benar benar tumbuh dengan kuat. (pur)

BAGIKAN