Makin Dikenal, Perbarindo Suarakan Hari BPR Nasional

45

Denpasar (Bisnis Bali) – Bank perkreditan rakyat (BPR) sesuai UU perbankan diakui sama seperti bank umum  sebagai bagian dari industri perbankan. Ketua DPD Perbarindo Bali, Ketut Wiratjana, Kamis (4/5) mengatakan DPD Perbarindo se-Indonesia pada 21 Mei akan menyuarakan Hari BPR Nasional untuk  meyakinkan masyarakat pedesaan bahwa BPR merupakan industri perbankan.

Diungkapkannya,  20 Mei Hari Kebangkitan Nasional, BPR melalui DPD Perbarindo Bali dan seluruh DPD Perbarindo di Indonesia akan menetapkan Hari BPR Nasional pada 21 Mei. “21 Mei  yang akan datang kita akan mengawali libur nasional karena Hari BPR Nasional,’ imbuhnya.

Ia menjelaskan guna mendorong pemerintah menetapkan 21 Mei sebagai hari BPR nasional, BPR di Bali akan menyelenggarakan berbagai kegiatan termasuk jalan santai melibatkan masyarakat. Ini untuk mensosialisasikaan 21 Mei sebagai Hari BPR Nasional.

Dipaparkannya, kegiatan perayaan Hari BPR Nasional tidak hanya diselenggarakan di Bali melainkan di seluruh DPD Perbarindo di Indonesia. Khusus di Bali perayaan Hari BPR Nasional akan mengundang pejabat pemerintah di Bali dan pejabat OJK wilayah Bali Nusra termasuk mengundang pejabat OJK dari pusat.

Lebih lanjut dikatakan, seluruh masyarakat Bali diharapkan mengetahui Hari BPR Nasional. Ini sesuai amanah UU perbankan di Indonesia ada yaitu bank umum dan BPR Perbarindo melihat masyarakat di pedesaan banyak belum memahami BPR dana Perbarindo.

Ia melihat untuk menyuarakan BPR sampai ke pelosok desa pengurus BPR di Indonesia merayakan Hari BPR Nasional. Ini agar masyarakat indonesia mengetahui BPR adalah bank. “Karyawan BPR diharapkan bangga bekerja di BPR dengan perayaan Hari BPR Nasional,” ucapnya.

Ketut Wiratjana menambahkan industri perbankan termasuk BPR masih merasakan perlambatan ekonomi di awal 2017. Ini tentunya menyulitkan perluasaan usaha BPR. Awal 2017 BPR mendapakan tantangan dan persaingan berat dalam menggaet dana pihak ketiga (DPK) dan pelemparan kredit akibat masih terasanya  perlambatan ekonomi tersebut.

” Awal 2017 ini kesempatan menyuarakan BPR melalui perayaan Hari BPR Nasional sehingga BPR makin diterima masyarakat,” tegasnya. (kup)

BAGIKAN