Beri Asas Manfaat Sosial dan Budaya Rai Mantra ’’Launching’’ LPD Mini Sekolah  

40
Wali Kota Denpasar, I.B. Rai Dharmawijaya Mantra bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gst Ngurah Gede dan Ketua LPD Desa Kesiman, I Wayan Rayun saat me-launching LPD Mini Sekolah Kesiman, yang ditandai dengan penekanan tombol, dalam acara peringatan HUT ke-26 LPD Desa Kesiman, Kamis (4/5) di Hotel Puri Nusa Indah.(sta)

Denpasar (Bisnis Bali) – Keberadaan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Bali sebagai lembaga perekonomian desa telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.  Begitu juga di Kota Denpasar keberadaan LPD memiliki peranan dan manfaat bagi pembangunan sebuah desa adat.

“LPD memberi banyak manfaat dalam kegiatan sosial dan budaya, apalagi hal ini ditunjang dengan inovasi seperti terbentuknya LPD mini sekolah oleh LPD Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur,” ujar Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, saat me-launching LPD Mini Sekolah, Kamis (4/5), di Hotel Puri Nusa Indah.

Hadir juga pada kesempatan ini, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Pelingsir Puri Pemayun, Camat Denpasar Timur, Dewa Made Puspawan, Ketua LPD Desa Kesiman, I Wayan Rayun, Wakil Bendesa Kesiman, I Wayan Sukana, Lurah Kesiman, prebekel beserta OPD terkait lainnya.

Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan, pihaknya sangat bangga kepada LPD Desa Kesiman karena setiap tahunnya selalu memiliki sebuah inovasi di dalam memajukan LPD maupun kesejahteraan masyarakat Kesiman. Sekarang ini LPD Kesiman meluncurkan sebuah program LPD Mini Sekolah yang diperuntukan untuk sekolah-sekolah yang ada di wilayah Desa Kesiman dan pada tahun lalu LPD Kesiman juga sudah me-launching digitalisasi LPD yang sekarang ini sedang dirintis dan bekerja sama dengan bank sampah.

“LPD Mini Sekolah ini begitu banyak memiliki manfaat dan kegunaan baik bagi anak maupun orang tua murid, dengan tujuan memberikan edukasi kepada anak-anak sekolah mengenai manfaat serta kegunaan uang,” ujar Rai Mantra.

Hal ini juga menurut Rai Mantra, anak-anak sekolah juga harus diberikan pengenalan sejak dini mengenai sosial budaya atau desa adat, yang sangat berperan penting dalam sosial budaya sebagai identitas kita. Program ini sangat strategis dalam konsep berwawasan budaya dan juga ekonomi kreatif yang dilakukan oleh LPD Kesiman yang bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kota Denpasar.

Rai Mantra juga mengaharapkan, LPD Kesiman bisa membantu sekolah-sekolah yang ada di wilayah desa setempat dalam pengelolaan dan proses ekonomi serta para kepala sekolah dapat berkerja sama dengan LPD Kesiman demi kepentingan siswa sekolah.

Sementara Ketua LPD Desa Kesiman, I Wayan Rayun dalam laporannya menjelaskan, dalam memperingati HUT ke-26 LPD Desa Kesiman tahun ini, LPD Kesiman meluncurkan sebuah program baru yakni, LPD Mini Sekolah. LPD Mini Sekolah merupakan layanan pengelolaan tabungan siswa (plus) oleh pihak sekolah yang mengunakan sistem berbasis teknologi informasi.

Rayun menjelaskan, rencananya semua sekolah yang ada di wilayah Desa Kesiman akan melakukan link (koneksi) dengan program LPD Mini yang diawali mencoba di tiga SD Negeri terlebih dahulu sebagai pilot project dari 17 SD yang ada di Desa Kesiman. Ada pun tiga SD tersebut yakni, SD Negeri 1 Kesiman, SD Negeri 6 Kesiman dan SD Negeri 17 Kesiman yang sudah terkoneksi dengan LPD Mini.

“Secara bertahap LPD Kesiman dan Dinas Pendidikan Kota Denpasar akan mengoneksikan proram ini ke sekolah-sekolah SD yang ada di wilayah Desa Kesiman dengan pembentukan LPD Mini Kesiman,” tandasnya. (ad885)

BAGIKAN