Denpasar (Bisnis Bali) – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika menerima rombongan TP PKK Sumatera Utara dalam acara jamuan makan malam di Gedung Kertha Sabha, Senin (1/4) lalu. Ayu Pastika memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mempromosikan sejumlah potensi yang dimiliki Bali. Salah satunya kain rangrang yang merupakan tenun khas Nusa Penida.

Menurut Ayu Pastika, TP PKK Provinsi Bali menaruh perhatian serius terhadap upaya pelestarian dan pengembangan tenun khas Nusa Penida ini. Melalui program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), pihaknya melakukan pembinaan tehadap sejumlah perajin kain tenun rangrang di wilayah tersebut. Dia berharap, keberadaan kain khas yang memiliki warna menarik ini makin dikenal seperti halnya kain endek dan songket. Jika ada waktu, dia mengundang rombongan TP PKK Sumut untuk bertandang ke Nusa Penida. Selain memiliki tenun khas, pulau itu juga dikenal dengan alamnya yang masih asri dan sangat menawan.

Pada bagian lain, Ayu Pastika menyampaikan apresiasi atas kunjungan TP PKK Sumut yang dipimpin langsung oleh ketuanya Ny. Evi Diana Erry Nuradim. Selain sebagai ajang silaturahmi, kegiatan ini juga merupakan media untuk bertukar informasi, pengalaman dan memupuk semangat persatuan antar-TP PKK kedua daerah.
Selanjutnya, ia juga menerangkan kiprah TP PKK Bali. Didukung 54.288 kelompok dasa wisma dan 121.334 kader yang tersebar di seluruh kabupaten/kota, TP PKK Bali melaksanakan program yang senantiasa diselaraskan dengan kebijakan Pemprov Bali yang mengusung visi Bali Mandara. Lebih dari itu, dalam melaksanakan program-programnya, TP PKK Provinsi Bali membangun jejaring kemitraan dengan berbagai lembaga.

Melalui sejumlah gebrakan dan inovasinya, TP PKK Bali mampu berjaya dalam berbagai lomba tingkat nasional. Prestasi teranyar, TP PKK Bali berhasil meraih penghargaan karena mencapai target tertinggi dalam pelaksanaan IVA Test (salah satu metode deteksi dini kanker serviks -red).
Istri orang nomor satu di Bali ini menyarankan, selama di Bali, rombongan TP PKK Sumut memanfaatkan waktu untuk mengunjungi objek wisata dan sentra industri. Dia berharap, banyak hal positif yang bisa diadopsi dari Pulau Dewata untuk diterapkan di Sumut.

Sementara itu, Ketua TP PKK Sumut Evi Diana menyampaikan, kegiatan ini merupakan balasan atas kunjungan TP PKK Bali ke Sumut tahun lalu. Dalam kunjungan kali ini, pihaknya ingin banyak belajar tentang pengelolaan pariwisata dan upaya pelestarian serta pengembangan tenun khas daerah. Dia berharap, strategi yang dikembangkan di Bali dapat diadopsi dan diterapkan di Sumatera Utara. “Lebih dari itu, kami ingin bertukar pengalaman tentang kemajuan TP PKK di dua provinsi,” imbuhnya.

Jamuan makan malam dimeriahkan pementasan sejumlah tarian seperti Sekar Jagat dan Oleg Tamulilingan. Dalam sesi tukar menukar cenderamata, Ayu Pastika secara khusus menyerahkan kain rangrang kepada Ketua TP PKK Sumut dan rombongan. Jamuan makan malam dihadiri pula oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali I Dewa Gede Mahendra Putra, S.H., M.H. dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Ketut Lihadnyana. (adv)

 

BAGIKAN