Diskop Tabanan Dibantu Pemerintah Pusat Cetak Wirausaha Muda Baru

20

Tabanan (Bisnis Bali) – Tahun ini Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tabanan mendapat bantuan dari pemerintah pusat dalam rangka upaya mencetak wirausaha muda baru. Aloksai bantuan tersebut dialokasikan kepada 50 orang dengan batasan usia minimal 17 tahun yang difasilitasi magang di sejumlah tempat usaha.

“Program tersebut merupakan program berkelanjutan dari pemerintah pusat, yakni tahun ini untuk di Provinsi Bali hanya Kabupaten Tabanan dan Denpasar yang mendapat alokasi kegiatan dalam upaya mencetak wirausaha muda baru,” tutur Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tabanan, AA. Gede Dalem Tresna Ngurah, Selasa (2/5).

Ia menerangkan, saat ini program mencetak wirausaha muda baru tersebut sedang berlangsung dengan ditempatkan di sejumlah UKM yang ada di Kabupaten Tabanan. Di antaranya, peserta magang ada di kalangan UKM pengolahan kopi, pengolahan manggis, usaha pembuatan keramik, pembuatan kerajinan besi dan konveksi.

Imbuhnya, peserta magang tersebut diikuti oleh kalangan anak-anak putus sekolah yang berkeinginan kuat untuk maju berwiraswasta atau usaha mandiri.

Dalem menjelaskan, program dari pemerintah pusat tersebut merupakan kegiatan yang berkelanjutan, namun karena keterbatasan dana program tersebut dilakukan secara bertahap di tiap kabupaten /kota. Katanya, tahun ini kebetulan Kabupaten Tabanan mendapat jatah 50 orang untuk dibiayai magang.

“Dari 50 orang penerima bantuan magang tersebut, mudah-mudahan setelah magang memiliki pengetahuan lebih akan berwirausaha. Sekaligus mampu menyerap jumlah tenaga kerja nantinya,” harapnya.(man)

BAGIKAN