Bali Dukung Peningkatan Indeks Daya Saing MICE

16
PEMAHAMAN – Salah satu langkah pemerintah yang terus menerus melakukan peningkatan pemahaman MICE. (kup)

Denpasar (Bisnis Bali) – Bali mampu mengembangkan tiga sektor MICE khususnya meeting, insentif dan konvensi yang mampu mendongkrak indeks daya saing MICE di Indonesia. Ketua INCCA Bali, IB. Surakusuma, Selasa (2/5) mengatakan, melalui pembinaan pemahaman MICE, pelaku MICE di Bali bisa makin meningkatkan daya saingnya.

Ia mengatakan, Indonesia telah menyelenggarakan konvensi nasional MICE (INAMICE 2017). Batam, Yogyakarta, dan Bali meraih INAMICE Award 2017. Penerimaan penghargaan ini selaras dengan prestasi Indonesia di bidang pariwisata. Indeks daya saing Indonesia melompat tajam dari ranking 70 pada 2013 menjadi ranking 50 pada 2015.

Dipaparkannya, indeks daya saing Indonesia kembali melesat naik 8 peringkat ke peringkat 42 pada 2017. Reputasi tersebut dipotret Travel and Tourism Competitiveness Indexs (TTCI) 2017, yang dikeluarkan secara resmi oleh World Economic Forum (WEF) pada 6 April 2017 lalu.

IB. Surakusuma menegaskan, untuk meningkatkan indeks daya saing Indonesia, pemerintah harus secara rutin melakukan peningkatan pemahaman MICE di seluruh provinsi di Indonesia. Hal ini melalui skala prioritas secara bertahap, maka peningkatan indeks daya saing akan lebih mudah tercapai. (kup)

BAGIKAN