Peningkatan Mutu Pelayanan Puskesmas dengan Akreditasi  

20
Penerimaan Tim Surveyer Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Kabupaten Gianyar, Rabu (26/4) lalu, di Wantilan Gaharu Garden Restaurant, Kemenuh, Sukawati. (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Peraturan Pemerintah RI Nomor 81 Tahun 2010 tentang Reformasi Birokrasi, mengamanatkan tujuan Reformasi Birokrasi antara lain untuk meningkatkan mutu pelayanan pada masyarakat. Oleh karena itu, guna menjawab tantangan penyediaan pelayanan publik yang berkualitas, diperlukan adanya pengukuran kinerja pelayanan Puskesmas dan penilaian terhadap kesesuaian proses pelayanan.

Hal ini disampaikan dalam sambutan Bupati Gianyar yang dibacakan oleh dr. Ida Ayu Cahyani Widyawati, M.Kes., Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, serangkaian penerimaan Tim Surveyer Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Kabupaten Gianyar, Rabu (26/4), di Wantilan Gaharu Garden Restaurant, Kemenuh, Sukawati.

Hadir dalam acara ini sembilan orang Tim Surveyer Akreditasi Kementerian Kesehatan RI yang diketuai, Apris L Isu, SKM.M.Kes., Ni Made Parwati, S.ST.M.Kes. Kepala Seksi Pelayanan Primer Dinas Kesehatan Propinsi Bali, Anak Agung Gde Putra Parwata, S.Sn.M.Si. Kepala Bidang Umum & Humas RSUD Sanjiwani Gianyar, Unsur Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, Kepala UPT Kesmas se-Kabupaten Gianyar, dan undangan lainnya.

Dr. Ida Ayu Cahyani Widyawati, M.Kes., memaparkan, Puskesmas sebagai ujung tombak dan sekaligus tolak ukur pelayanan publik di bidang kesehatan, merupakan salah satu pilar dalam memenuhi tuntutan reformasi birokrasi. Untuk memicu dan mengoptimalkan kinerja Puskesmas dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan tingkat pertama, diperlukan acuan pengukuran kinerja Puskesmas yaitu standar akreditasi Puskesmas.

Ditambahkan, akreditasi merupakan pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi, yang bertujuan untuk peningkatan mutu pelayanan, meningkatkan kinerja Puskesmas dalam pelayanan kesehatan, dan memberikan perlindungan bagi sumber daya manusia kesehatan, masyarakat dan lingkungan, serta Puskesmas sebagai institusi pelayanan.

Dengan meningkatnya mutu pelayanan yang diberikan, kegiatan yang berkualitas terbaik bagi masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Seperti diketahui bahwa kegiatan ini sebagai upaya peningkatan kualitas Puskesmas untuk mempermudah akses masyarakat.(kup)

BAGIKAN