Pemkab Badung Gelar Bakti Penganyaran di Pura Besakih

16
ist PUNIA - Sekretaris Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menyerahkan punia saat penganyaran Pemkab Badung ke Pura Agung Besakih, Kamis (27/4) kemarin.

Mangupura (Bisnis Bali) – Pemerintah Kabupaten Badung melaksanakan bakti penganyaran di Pura Penataran Agung Besakih, Kamis (27/4) kemarin. Upacara bakti penganyaran ini merupakan rangkaian Karya Betara Turun Kabeh di Pura Penataran Agung Besakih yang puncaknya telah dilaksanakan pada Purnama Kedasa, 11 April 2017 lalu.

Bakti Penganyaran Pemkab Badung dihadiri Sekretaris Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa beserta para kepala perangkat daerah dan pegawai di lingkungan Pemkab Badung. Upacara bakti penganyaran dimulai pukul 10.00 wita. Rangkaian upacara tersebut di-puput Ida Pedanda Istri Gria Agung Abiansemal.

Pada bakti penganyar kali ini menghaturkan upakara berupa bebangkit dan dilengkapi dengan tarian wali topeng sidakarya yang diiringi sekeha gong Pemkab Badung. Seluruh rangkaian bakti penganyar pada akhir dengan persembahyangan bersama guna memohon keselamatan dan kesejahteraan alam semesta. Pada kesempatan itu, Sekkab Badung Adi Arnawa juga menghaturkan dana punia Rp50 juta yang diterima Bendesa Adat Besakih.

Pelaksanaan puncak Karya Ida Betara Turun Kabeh diharapkan bisa menjadi momentum bagi seluruh umat Hindu untuk mulat sarira agar ke depannya bisa lebih baik dalam menjalankan kewajiban masing-masing. Selain itu upacara ini sebagai wujud untuk memohon penyucian bagi alam beserta isinya sebagai bentuk rasa syukur atas berkah yang dikaruniakan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa. (adv)

BAGIKAN