Ekonomi Tumbuh Inklusif Industri Pariwisata Bali Diharap Inovatif

8

Denpasar (Bisnis Bali) – Untuk dapat mewujudkan pertumbuhan ekonomi Bali yang inklusif dan berkesinambungan, dibutuhkan inovasi untuk dapat mendorong perkembangan industri pariwisata Bali yang menunjukkan indikasi kejenuhan. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah pengembangan desa wisata di Bali.

“Budaya merupakan daya tarik utama wisata Bali, dirasa tepat menjadikan desa wisata berbasis budaya sebagai inovasi pengembangan pariwisata di Bali,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Causa Iman Karana pada seminar “Membangun Daya Saing Pariwisata Berbasis Potensi Lokal” di Renon, Kamis (27/4) kemarin.

Dikatakan, dengan berbasis pariwisata budaya, pengembangan desa wisata bertumpu pada lembaga tradisional Bali, khususnya desa adat. Dukungan dan partisipasi dari desa adat dalam upaya pengembangan desa wisata, menurutnya, diharapkan dapat menjadikan sumber pertumbuhan baru perekonomian baru khususnya dari industri pariwisata yang berasal dari desa serta dapat membangun kemandirian desa untuk dapat mengembangkan wilayahnya.

“Kami harapkan dengan membangun langkah bersama untuk mewujudkan pengembangan desa wisata dapat mendorong terwujudnya pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkesinambungan di Bali,” ujarnya. (dik)

BAGIKAN