’’Dewasa Ayu” Dongkrak Bisnis Foto ’’Prewedding’’ pada Piring Keramik  

11

Denpasar (Bisnis Bali) –  Adanya dewasa ayu (hari baik) dalam melangsungkan pernikahan saat ini, selain mendongkrak bisnis jasa foto prewedding dan jasa penyewaan pakaian adat, juga cukup mendongkrak bisnis turunannya, yakni bisnis foto prewedding pada media piring keramik dengan sistem digital printing. “Orderan saat ini cukup banyak dan menjadi tren tersendiri bagi konsumen,” ujar Suryadi, salah seorang pebisnis digital printing pada media keramik, Kamis (27/4) di kawasan Denpasar.

Lanjutnya, tren suvenir saat ini banyak mengarah ke digital printing selaras dengan perkembangan zaman dan teknologi, sehingga pihaknya prediksi trennya tidak akan pudar hingga ke depan. ‘’Kondisi itu tidak dapat dipungkiri, karena dengan digital printing berbagai jenis model foto maupun lukisan yang diinginkan masyarakat bisa dengan mudah terpenuhi,’’ ungkapnya.

Misalnya, pihaknya tidak hanya menyediakan foto prewedding pada media piring keramik saja. Melainkan gantungan kunci, pin, paper bag, dompet, frame mini, kotak perhiasan, mug hingga jam meja juga. ‘’Hampir semua produk yang kami tawarkan tersebut menggunakan sistem digital printing dan sesuai dengan selera pasar,” katanya. Konsumennya juga tidak terbatas pada kalangan pelajar dan mahasiswa. Melainkan dari kalangan perusahaan, baik berskala nasional maupun internasional juga. ‘’Kebutuhan akan digital printing biasanya dipakai untuk sarana promosi, yang sekarang menggantikan spanduk dengan cetak sablon manual,’’jelasnya. Produk digital printing jenis piring dan mug, kata dia cukup banyak digemari masyarakat saat ini, karena bisa digunakan untuk promosi produk perusahaan maupun hiasan meja.

Hal senada diungkapkan Hendra, salah seorang pengelola bisnis digital printing lainnya. ‘’Perkembangan teknologi yang ada sekarang ini membuat mencetak foto tidak hanya di atas selembar kertas saja, tetapi juga mencetak foto bisa di atas T-Shirt / kaos, bantal, keramik, piring, pin/bross, hingga gelas atau mug,’’ ujarnya. (aya)

BAGIKAN