Siap Siaga Bencana Pemkot Gelar Simulasi di Serangan  

8
Situasi pelaksanaan Simulasi Diseminasi Gempa Bumi dan Tsunami oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar di Kelurahan Serangan, Denpasar. (sta)

Denpasar (Bisnis Bali) – Kesiapsiagaan  terjadinya bencana alam di Kota Denpasar terus ditingkatkan, dengan berbagai program kegiatan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat. Di samping adanya nomor panggilan darurat 112 yang telah diluncurkan Wali Kota Denpasar, IB Rai Mantra belum lama ini,  juga dilakukan penguatan lewat simulasi kesiapsiagaan kebencanaan.

Pada Rabu (26/4), pelaksanaan simulasi kebencanaan dipusatkan di Tempat Evakuasi Sementara (TES) Tsunami Kelurahan Serangan Kecamatan Denpasar Selatan. Kegiatan dilaksanakan gelar Simulasi Diseminasi Gempa Bumi dan Tsunami oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar. Dalam acara tersebut dihadiri Camat Densel, A.A Gde Risnawan, sejumlah OPD di lingkungan Pemkot Denpasar, serta masyarakat kelurahan Serangan.

Plt. Kepala BPBD Kota Denpasar, Made Praptha menjelaskan, keberadaan Tempat Evakuasi Sementara (TES) ini telah dibangun sejak 2016. Bersamaan dengan dua buah sirine peringatan dini tsunami yang ditempatkan di Kelurahan Serangan dan satu lagi di kawasan pantai Matahari Terbit, Sanur.

‘’Gedung evakuasi sementara ini memilki dua lantai dengan tinggi gedung 15 meter dan luas gedung 17 are. Mampu menampung ribuan orang,” ujar Made Praptha.

 Lebih lanjut Praptha menjelaskan, alur dari pelaksanaan simulasi ini didahului dengan dibunyikannya sirine peringatan dini tsunami. Dikirimkan melalui satelit dari BMKG Wilayah III Denpasar, kemudian diantisipasi dengan para relawan menuju arah gedung evakuasi.(sta)

BAGIKAN