Pasar Cina Jadi Harapan

10
HARAPAN  – Wisatawan Cina menjadi harapan untuk menambah isian kamar hotel di Bali. (kup)

Denpasar (Bisnis Bali) – Sampai saat ini isian hunian kamar hotel di Bali masih di kisaran 35 persen. Dewan Pembina Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, Bagus Sudibya, Rabu (26/4) mengatakan, pasar Cina (Tiongkok) menjadi harapan menambah isian kamar hotel di Bali.

Ia mengungkapkan, ada hotel bintang mencapai hunian kamar rata-rata 60 persen. Di sisi lain, ada hotel kecil hunian kamarnya rata-rata 20 persen. Hotel kecil ini masih dikelola kurang profesional dan milik keluarga. Hotel ini tidak mampu memasarkan ke mancanegara karena pemasaran mereka lemah. Ke depan, hotel kecil harus dicarikan terobosan pasar antara lain dengan menggaet pasar Cina.

Dipaparkannya, Bali memang masih perlu memasarkan pariwisata ke pasar Cina. Ini dikarenakan, Cina merupakan pasar terbesar di dunia.

Lebih lanjut dikatakannya, hampir  200 juta wisatawan Cina berwisata ke luar negeri tiap tahun. Pariwisata Bali baru menggaet pasar Cina berkisar 1,5 juta – 2 juta wisatawan. “Ini bisa dikatakan Indonesia baru menggarap 1 persen wisatawan Cina,” katanya.

Ia menegaskan, wisatawan Cina akan makin banyak berpergian ke luar negeri. Potensi wisatawan Cina untuk berpergian ke luar negeri makin tinggi karena daya beli mereka makin tinggi. (kup)

BAGIKAN