Pariwisata Bali pun Jadi Destinasi Terbaik Dunia

16
TERBAIK - Pariwisata Bali dikukuhkan sebagai destinasi terbaik dunia versi TripAdvisor.  (kup)

Pariwisata Bali telah dikukuhkan sebagai destinasi terbaik dunia versi TripAdvisor. Sejauhmana penghargaan ini akan berimplikasi positif terhadap pengelolaan pariwisata Bali ke depan?

TRIP Advisor Travellers’ Choice Award memberikan penghargaan untuk Bali sebagai World’s Best Destination 2017. Hal ini diumumkan oleh TripAdvisor pada Maret 2017.Selain Bali sebagai destinasi terbaik di dunia, Pulau Lombok juga masuk dalam 10 besar destinasi terbaik di kawasan Asia. Bali merupakan destinasi pertama di Asia yang meraih posisi puncak sebagai World’s Best Destination dalam TripAdvisor Travellers’ Choice Award dan menyingkirkan 418 destinasi unggulan lain di seluruh belahan dunia. Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana mengatakan, penghargaan TripAdvisor Travellers’ Choice Award untuk Bali sebagai world’s best destination merupakan suatu kehormatan bagi Bali menjadi destinasi wisata terbaik di dunia. Penghargaan ini akan memperkuat posisi Indonesia sebagai negara yang mengedepankan pariwisata.

I Gde Pitana menjelaskan, diterimanya TripAdvisor Travellers’ Choice Award ini mendukung upaya mencapai 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019. Tak hanya itu, Wonderful Indonesia yang menjadi branding pemasaran pariwisata Indonesia bakal makin bergaung.
Dipaparkannya, pemerintah mengapresiasi pelaku pariwisata Bali dalam mempertahankan kualitas pariwisata di Pulau Dewata berbuah manis. Bali adalah satu dari 17.000 pulau di Indonesia. Sektor pariwisata Indonesia menunggu kunjungan lebih banyak wisatawan ke Indonesia. Head of Destination Marketing for TripAdvisor, Asia Pacific, Sarah Mathews mengatakan, TripAdvisor Travellers’ Choice Award 2017 merupakan bentuk apresiasi yang digagas situs wisata terbesar di dunia TripAdvisor kepada para pelaku, penggiat dan stakeholder pariwisata di berbagai belahan dunia atas upaya mereka
mengembangkan sektor tersebut.
Pemenang penghargaan TripAdvisor Travellers’ Choice dipilih berdasarkan jutaan ulasan dan opini yang dibuat oleh wisatawan di seluruh dunia dalam kurun waktu 12 bulan.
Sarah menyampaikan pemilihan penghargaan ini menggunakan algoritma yang memperhitungkan kualitas dan kuantitas ulasan, peringkat dan penilaian yang objektif pada setiap kategori penghargaan. “Bali merupakan tujuan wisata dengan pengalaman terbaik bagi berbagai jenis wisatawan, baik wisata alam, budaya, maupun gastronomi sehingga tak aneh jika mereka ingin berbagi pengalaman ini kepada dunia,” katanya.
Sarah menyampaikan, konten yang dibuat oleh wisatawan yang merupakan pengguna TripAdvisor memiliki peranan penting dalam pencarian yang dilakukan oleh calon wisatawan lainnya. TripAdvisor tentunya mendorong lebih banyak lagi wisatawan untuk berbagi pengalaman terbaik berlibur ke Bali kepada wisatawan lain dari seluruh dunia melalui TripAdvisor. Secara global, ulasan dan opini yang objektif yang ada di TripAdvisor telah melampaui 500 juta, dengan 290 konten per menit setiap harinya yang juga melibatkan perencanaan perjalanan dan situs pemesanan serta aplikasi selular.
Dari sisi ulasan terkait Bali di TripAdvisor juga terjadi pertumbuhan (2015 vs 2016) di 3 kategori utama yaitu akomodasi (25 persen), daya tarik (38 persen) dan restoran (38 persen). Data-data menunjukkan, adanya ketertarikan yang berkelanjutan dari masyarakat global terkait pariwisata Bali secara keseluruhan.  (kup)

BAGIKAN