Kerajinan Pande Besi tak Tergerus Zaman

16
Tempat produksi kerajinan besi Jero Pande Putu Sumpena.  (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) –  Salah satu desa di Kecamatan Seririt dikenal sebagai penghasil kerajinan terbaik di Buleleng, yakni Desa Patemon Buleleng, desa ini memiliki sejumlah potensi. Salah satunya pande besi yang masih berproduksi dari turun-temurun di tengah modernisasi yang terjadi.

Berdasarkan pantauan Bisnis Bali di Desa Patemon, tepatnya di Dusun Kawan, terdapat salah satu pande besi yang masih bertahan hingga saat ini dengan membuat segala jenis perabotan rumah tangga dan alat-alat pertanian seperti, sabit, cangkul dan pisau kecil hingga blakas.

Jero Pande Putu Sumpena, salah seorang perajin ketika diwawancarai Bisnis Bali mengungkapkan, kerajinan besi ini merupakan usaha dari turun-temurun warisan dari orang tuanya dari 1976 silam. Ia mengungkapkan, hingga kini permintaan akan perabotan rumah tangga atau alat pertanian masih cukup tinggi dan musiman. Apalagi memasuki musim hujan permintaan justru melonjak mengingat aktivitas pertanian lebih banyak dilakukan saat musim hujan tiba.

Putu Sumpena menambahkan, pemasaran berbagai macam kerajinan ini hanya sebatas dipasarkan di Buleleng, khususnya di kawasan yang lebih banyak potensi pertaniannya seperti, Desa Tukadsumaga, dan Desa Unggahan. “Kami cenderung lebih melayani pesanan dari para petani, khususnya menjelang musim hujan permintaan semakin tinggi,” jelasnya. (ira)

BAGIKAN