Dodol Sirsak Solusi saat Panen Raya  

13

SAAT panen raya, seperti halnya produk pertanian lainnya, harga buah sirsak juga mengalami penurunan drastis. Untuk itu, memang dibutuhkan pengolahan pascapanen papar dosen pertanian Universitas Maha Saraswati Denpasar, Dr. Ir. I Ketut Arnawa, M.P.

Pengolahan pascapanen yang umum dilakukan untuk buah sirsak adalah dibuat dodol. Dengan dijadikan dodol, buah sirsak yang saat panen raya tidak laku terjual menjadi lebih tahan lama. “Buah sirsak cepat busuk kalau tidak segera dikonsumsi. Dengan diolah jadi dodol, sirsak bisa bertahan lebih lama dan memiliki nilai tambah,” paparnya.

Buah sirsak yang tidak laku terjual dapat segera diolah menjadi dodol sebelum menjadi busuk. Dodol sirsak ini sudah banyak dijual di pusat oleh-oleh dan cukup diminati oleh masyarakat karena cita rasa dodol sirsak memang berbeda dari dodol pada umumnya. “Rasa sirsak yang asam manis tetap dapat dirasakan dalam dodol sirsak ini. Selain itu aroma sirsak yang khas juga tidak hilang,” ucapnya. Rasa yang asam manis ini tampaknya cukup disukai oleh masyarakat.

Untuk membuat dodol sirsak sebenarnya cukup mudah. Siapkan bahan terlebih dahulu yaitu 2 kg buah sirsak yang sudah matang, 1 kg gula pasir dan 250 gr gula merah yang disisir halus, 150 gr tepung ketan dan setengah liter santan kelapa. (pur)

BAGIKAN