BI Bali Distribusikan Uang Rupiah Terbaru Rp376,5 M  

19

Denpasar (Bisnis Bali) – Sejak resmi dikeluarkan pada 19 Desember 2016, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali saat ini telah mendistribusikan uang rupiah untuk tahun emisi (TE) 2016 mencapai Rp 376,5 miliar. Penerbitan uang rupiah dengan desain baru ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 31 tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam NKRI.

Kepala KPw BI Bali, Causa Iman Karana di Renon, Rabu (26/4) kemarin mengatakan, pendistribusian uang rupiah TE 2016 yang mencapai Rp 376,5 miliar tersebut sama dengan 26.150.035 lembar atau keping yang terdiri atas uang pecahan besar mencapai Rp 319,8 miliar dan pecahan kecil Rp 56,7 miliar.

“Kami harapkan dengan pendistribusian varian uang rupiah baru ini mendorong clean money policy yang digadang-gadang BI, khususnya di Bali sebagai daerah tujuan wisata,” katanya.

Menurutnya, pendistribusian uang baru sesuai SOP bisa dilakukan di beberapa tempat. Di antaranya via penarikan perbankan, via penarikan pengeluaran BI Bali, dan via penukaran di masyarakat baik di kantor, kas keliling serta kas titipan. Intinya, mekanismenya  uang lama yang lusuh ditarik sehingga uang yang beredar makin bagus dan segar. BI pun sampai saat ini terus meleakukan pengenalan uang baru tersebut kepada masyarakat melalui sistem perbankan.(dik)

BAGIKAN