Anggota Koperasi Didorong Kembangkan UMKM  

16
KOPERASI – Pengurus Koperasi Kubu Gunung mendorong anggotanya untuk mengembangkan UMKM. (kup)

Mangupura (Bisnis Bali) –Pengembangan koperasi memang dioptimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota. Ketua Pengurus Koperasi Kredit Kubu Gunung Tegal Jaya, Emanuel Bangkit Dami Arsa, Selasa (25/4) mengatakan, untuk meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi di antaranya mendorong anggota mengembangkan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Ia mengungkapkan, anggota koperasi yang mau mengembangkan sektor UMKM, tentunya akan mendapatkan bantuan pembinaan dan bantuan permodalan dari koperasi. Anggota memiliki keinginan mengembangkan sektor UMKM didata selanjutnya diberikan pembinaan dari sisi manajemen termasuk pengelolaan keuangan.

Bangkit Dami Arsa menjelaskan, anggota koperasi yang memiliki ide kreatif bisa menghasilkan pekerjaan atau usaha produktif. Misalnya ibu rumah tangga bisa mengembangkan usaha kecil termasuk di sektor perdagangan.

Ia mencontohkan, dengan membuka warung kecil atau membuka laundry akan memberikan tambahan pendapatan yang bisa kembali disimpan di koperasi. Padatnya jumlah penduduk, termasuk mahasiswa di lingkungan kampus memunculkan peluang usaha baru di sektor UMKM. Koperasi tentu akan membantu anggota koperasi dalam bentuk permodalan untuk mengembangkan usaha di sektor riil.

Ia mengakui, Koperasi Kubu Gunung menyediakan kredit khusus kepada anggota yang mengembangkan sektor UMKM. Anggota akan diberikan kredit senilai Rp 5 juta tanpa agunan.

Bangkit Dami Arsa menegaskan, koperasi harus lebih mengedepankan kepercayaan pengurus kepada anggota koperasi. Ini sumbangsih koperasi mendorong kesejahteraan anggota koperasi yang aktif berupaya mengembangkan usaha UMKM.(kup)

BAGIKAN