I Wayan Rayun Tingkatkan Pelayanan

13

MENJADI lembaga yang bergerak dibidang jasa, pelayanan kepada masyarakat merupakan poin penting yang harus selalu ditingkatkan. Dengan demikian, akan membuat kepercayaan masyarakat kepada LPD makin bertambah, juga berpengaruh terhadap pengembangan dan kemajuan LPD.

Hal ini diungkapkan Kepala LPD Kesiman sekaligus Ketua BKS Kota Denpasar, Drs. I Wayan Rayun, MBA, saat ditemui, Selasa (25/4) kemarin. Dia mengatakan, untuk mendukung kemajuan dan pengembangan LPD pelayanan merupakan hal paling penting yang harus terus ditingkatkan. “Kita harus mampu memberikan pelayanan sesuai keinginan masyarakat, dengan demikian masyarakat akan merasa nyaman dan memiliki kepercayaan yang tinggi kepada LPD,” katanya.

Untuk mendukung hal tersebut, dia mengatakan, berbagai pelatihan sering digelar LPD Kesiman dalam rangka menambah kemampuan SDM. Terutama dalam hal pelayanan masyarakat. “Biasanya kami mendatangkan instruktur langsung. Kami bekerjasama dengan salah satu universitas. Sehingga kami berharap SDM memiliki bekal dan pengetahuan terkait hal tersebut,” tambahnya.

Selain itu, dia mengatakan, untuk mendukung perkembangan dan kemajuan LPD di Kota Denpasar, peran Pemerintah Kota juga sangat besar. Tidak hanya memberikan pelatihan tentang pelayanan, dia mengatakan, berbagai pelatihan lainnya juga kerap digelar oleh Pemerintah Kota Denpasar yang merangkul semua Kepala LPD di Kota Denpasar. Adapun pelatihan tersebut seperti pelatihan jiwa entrepreneur, pelatihan marketing dan sebagainya. Hal ini, menurutnya, perlu dilakukan guna terus mendukung perkembangan LPD.

“Kami rasa peran pemerintah ini sangatlah menarik, bagaimana Pak Wali memiliki keinginan lembaga keuangan masyarakat desa ini bisa bersaing di era globalisasi seperti saat ini. Walaupun LPD merupakan lembaga tradisional, namun kinerja LPD haruslah menyesuaikan dengan apa yang menjadi tren saat ini,” ungkapnya. (wid)

BAGIKAN