Peningkatan produktivitas pertanian makin gencar dilakukan oleh pemerintah terutama di tingkat petani melalui berbagai kegiatan. Namun, terkadang peningkatan produktivitas semata tidak memberikan jaminan bagi para petani untuk meningkatkan pendapatan pelaku usaha di sektor pertanian selama ini. Lalu apa upaya yang harus dilakukan?

SEKARANG ini pemerintah pusat telah banyak menggelontor sejumlah program untuk meningkatkan sekaligus mensejahterakan para pelaku usaha di sektor pertanian. Tujuannya, untuk menjaga kontinyuitas produksi sekaligus pencapaian target swasembada pangan yang cukup getol diwacanakan sekarang ini. Namun, sayangnya kondisi tersebut tidak serta merta mampu mendongkrak pendapatan petani ketika memasuki musim panen raya, mengingat harga jual produksi cendrung murah akibat meningkatnya produksi pada saat itu.

Bercermin dari kondisi tersebut menurut Dekan Fakultas Pertanian Universitas Dwijendra Dr. Ir. Gede Sedana, M.Sc., MMA. mengungkapkan, sangat diperlukan adanya pendekatan agribisnis pada setiap komoditas yang dihasilkan oleh petani. Misalnya, adanya upaya antisipasi dalam menyikapi dimulainya musim panen buah seperti mangga, khususnya di wilayah bagian Bali Utara pada beberapa minggu ke depan. 

1
2
3
BAGIKAN