Dokter Laksmi Duarsa Jerawat Rusak Penampilan

42

JERAWAT merupakan persoalan kulit yang paling banyak dialami khususnya anak muda. Persoalan ini kerap menyebabkan rasa tidak percaya diri, karena sangat merusak penampilan. Sehingga bagi mereka yang menderita jerawat kerap datang ke dokter kulit untuk mencari solusinya.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Laksmi Duarsa Anggari Putri , Sp. KK, menuturkan, banyak dari pasiennya yang datang mengeluhkan persoalan jerawat. “Jerawat ada banyak penyebabnya, namun mekanismenya sebenarnya terjadi, akibat adanya produksi minyak berlebihan pada kulit. Kemudian terjadi penyumbatan di permukaan kulit mungkin oleh debu, kosmetik ataupun bakteri,” tuturnya.

Jerawat kerap kali muncul, akibat usai beraktivitas seharian para remaja khususnya lupa membersihkan wajah. Debu dan sisa-sisa kosmetik yang menempel di wajah akan membentuk sumbatan, sehingga produksi minyak yang berlebih tidak dapat keluar, maka terjadilah jerawat. Apalagi pada kulit sensitif, karena sudah terbukti kalau jerawat itu sangat senang tumbuh di wajah kotor yang tertutupi oleh makeup. “Jadi untuk mencegah jerawat sebenarnya sangat sederhana, yaitu cukup dengan membersihkan wajah malam hari sebelum tidur dan pagi saat bangun tidur,” tandasnya. Sehingga wajah bersih dari minyak dan debu yang menempel dan terbebas dari jerawat. (pur)

BAGIKAN