Kain Endek Khas Bali Laris di Filipina

20

Denpasar (Bisnis Bali) –Pelaku UMKM di Bali khususnya yang bergerak di bidang tekstil kain tenun ikat (endek), mendapatkan apresiasi oleh warga Filipina saat mengikuti Pameran Manila Fame di Manila Filipina (21-23) April lalu.

Pasalnya, kain endek khas Bali diminta oleh masyarakat yang berkunjung pada pameran tersebut, yang membuat penjualan laris manis. Salah seorang pelaku UMKM yang diberi kesempatan untuk mengikuti pameran tersebut, Rhea Cempaka saat ditemui usai Pameran di Denpasar, Senin (24/4) kemarin mengatakan, sejumlah kain endek yang dibawanya saat pameran hampir semuanya habis terjual.

Bahkan, dia mengaku, jika mendapat tawaran untuk bekerjasama dalam pengadaan kain endek oleh salah satu perusahaan tas.”Untuk mencari kain tenun di negara tersebut lumayan sulit, sehingga mereka sangat antusias dengan kedatangan kami dan kain tenun kami pun menjadi pilihan, ” katanya.Dia menambahkan, jika warga Filipina memiliki kain tenun khas negaranya yang motif kainnya menyerupai kain tenun ikat Bali.

Namun tekstur kain disana dikatakan, lebih tebal yang biasanya digunakan untuk dekorasi rumah. “Jenis kain tenun Indonesia khususnya Bali lebih fleksibel yang bisa digunakan untuk jenis pakaian apapun, sehingga tidak heran jika mampu menarik minta masyarakat di Negara tersebut,” jelasnya.Dengan tingginya antusias masyarakat, Rhea Cempaka mengaku, tertarik untuk mengikuti pameran kembali di negara tersebut, dan terus mengangkat kain endek di mata internasional. (wid)

BAGIKAN