MINUM segelas air rebusan daun sirsak setiap hari dipercaya dapat mencegah Anda terserang penyakit kanker. Hal ini karena manfaat daun sirsak ternyata 10.000 kali lebih kuat kemampuan kemoterapi untuk mengobati kanker. Dengan begitu, belakangan banyak masyarakat yang ingin menanam sirsak di pekarangan rumahnya atau membudidayakannya.

Tanaman sirsak dapat tumbuh di sembarang tempat, namun ia membutuhkan air yang cukup. Dosen Pertanian Universitas Maha Saraswati Denpasar, Dr. Ir. I Ketut Arnawa, M.P. mengatakan, tanaman sirsak tumbuh baik di iklim lembab dari dataran rendah hingga dataran tinggi 1.000 meter di atas permukaan laut.

Lahan yang akan ditanami terlebih dahulu diolah dengan penggemburan dan dibersihkan dari rumput dan sisa-sisa tanaman. Kemudian buat lubang tanam, disiapkan 2-4 minggu sebelum bibit  ditanam. “Ukuran lubang 50 x 50 x 50 cm dan setiap lubang diberi pupuk kompos yang telah masak 10-15 kg kemudian dicampur dengan tanah,” katanya.

Bibit yang telah cukup umur ditanam dalam lubang. “Jarak  tanam yang baik 4×4 m, hingga 5×5 m, tergantung dari kondisi dan kemiringan lahannya,” tukasnya. Penanaman sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan. Meski demikian penyiraman masih perlu dilakukan bila kondisi tanah di sekitar tanaman tampak kering. Penyiraman dilakukan minimal 2 hari sekali bila tidak ada hujan.(pur)

BAGIKAN