DI tengah ketatnya persaingan lembaga keuangan yang juga didukung kecanggihan teknologi,  menuntut keberadaan lembaga perkreditan desa (LPD) harus siap dengan perkembangan zaman. Hal ini mendorong LPD untuk menuju go digital yang mengubah pelayanan manual menjadi digital. Akankah hal ini mampu diterapkan? Berikut laporannya.

Menginjak tahun 2017, sejumlah LPD telah meluncurkan produk layanan LPD Go Digital. Hal ini turut mendorong LPD lainnya untuk ikut mempersiapkan diri serta beralih kepada sistem digital dalam pelayanan. Salah satu LPD yang telah menerapkan go digital, yaitu LPD Kesiman yang berada di wilayah Kota Denpasar.

Kepala LPD Kesiman, Drs. I Wayan Rayun, MBA., mengatakan, penggunaan sistem digital salah satunya mobile banking telah berjalan secara efektif pada pelayanan di LPD Kesiman. ”Kami telah menggunakan teknologi jauh sebelum peluncuran LPD Go Digital akhir 2016 lalu, yang diawali dengan SMS banking. SMS banking ini dilakukan untuk meginformasikan tiap transaksi yang dilakukan nasabah melalui pesan, yang sebelumnya nomor telepon nasabah telah kami input dan inventarisasi,” katanya.

1
2
3
BAGIKAN