Hari Kartini tak Ada Hambatan Wanita Berkarier

15

KARTINI zaman sekarang sudah sangat maju, dilihat dari segi pendidikan. Para wanita hampir menyaingi pria. Banyak wanita sudah bisa mengenyam pendidikan hingga jenjang tertinggi bahkan, sampai menjadi profesor.

Dr. Ni Wayan Kasni, M.Hum, Kaprodi Magister Ilmu Linguistik, Program Pascasarjana Universitas Warmadewa memaparkan, dari bidang pemerintahan, banyak ditemui menteri – menteri yang dijabat para wanita. Jadi tidak perlu diragukan lagi, zaman sekarang kartini – kartini Indonesia sudah sangat maju. Jadi peran wanita saat ini, sudah sangat besar pada berbagai aspek kehidupan, baik itu bidang ekonomi dengan pertumbuhan ekonominya maupun di bidang pendidikan dan pemerintahan.

Meski demikian, wanita tidak bisa lepas dari kodratnya sebagai perempuan. “Jadi, setinggi apapun pendidikan kita, kita adalah wanita yang di rumah tetap sebagai ibu rumah tangga. Bertanggungjawab terhadap pendidikan anak, bertanggungjawab terhadap keluarga,” tandasnya. Terlebih lagi  perempuan Bali, dituntut tidak saja pintar dalam pendidikan namun juga di bidang adat dan budaya. Jadi perempuan Bali harus tetap bisa membuat banten dan terjun ke masyarakat. Ngayah di banjar dan di desa. Selain itu, tugas dan kodrat wanita dalam mendidik dan membentuk karakter anak-anak bangsa. (pur)

BAGIKAN