Ampuh Usir Nyamuk, Sodia makin Diminati  

26

MENGUSIR nyamuk dari rumah tidak harus menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Sejumlah tanaman dapat mengusir nyamuk seperti lavender dan zodia. Zodia saat ini sudah mulai banyak dicari masyarakat karena ampuh mengusir nyamuk.

“Akhir-akhir ini makin banyak masyarakat yang tertarik menanam zodia di pekarangan rumahnya. Selain indah, zodia juga ampuh mengusir nyamuk,” kata Darsana seorang penjual tanaman di kawasan Jalan Hayam Wuruk, Denpasar. Itu sebabnya, sebagian besar pencinta tanaman memelihara zodia di dalam pot agar mudah dipindah-pindahkan.

“Zodia sebenarnya tanaman asal Papua,” ucapnya. Zodia memiliki daun pipih memanjang berwarna hijau kekuningan. Yang membuat nyamuk tidak menyukai zodia adalah bau khas yang dikeluarkan saat tertiup angin. Berdasarkan analisis Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat minyak zodia memiliki kandungan berupa linalool 46% dan alpha-pinene 13,26%. Yang mengakibatkan daun zodia bersifat antinyamuk dengan tingkat mencapai 70 persen.

Bibit zodia dijual sekitar Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu tergantung besar kecilnya. Untuk menanamnya siapkan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Aduk media tanam tersebut sampai komposisinya tercampur rata. “Agar drainase dalam pot bagus masukkan pecahan genteng ke dalam pot sebagai alas media tanam,” ungkapnya. (pur)

BAGIKAN