Seni Ukir Inovatif ’’Fruit and Vegetable Carving’’ Bernilai Seni Tinggi 

29

Singaraja (Bisnis Bali) – Kerajinan seni ukir tidak hanya bisa dikreasikan melalui media kayu atau sejenisnya yang umum digunakan dan menjadi objek oleh para tukang seni ukir. Bahkan buah dan sayuran pun kini bisa diubah menjadi kerajinan bernilai seni tinggi, dan sedang jadi tren seni ukir yang merupakan tren ukir inovasi baru yang disebut fruitfarving dan vegetable carving.

Fruit carving merupakan seni menghidangkan makanan dengan keindahan. Media yang digunakan seperti buah, khususnya yang berbentuk bulat dan bertekstur lunak. Alat-alat yang digunakan dalam fruit carving ini pun cukup sederhana seperti cutter, pisau bergerigi dan tusuk gigi apabila diperlukan.

Bahkan saat ini tidak jarang di sebuah pesta pernikahan atau festival ditemui sebuah karya seni yang berasal dari berbagai buah-buahan atau sayur-sayuran yang diukir dan diatur sedemikian rupa, sehingga terlihat seperti bukan buah atau sayur yang kita ketahui sebelumnya. Karena sudah menjadi bentuk lain yang lebih indah dan menakjubkan.

I Komang Santi Adnyana, salah seorang remaja asal Desa Tukad Mungga, Kecamatan Buleleng ini justru memanfaatkan buah dan sayuran sebagai objek untuk mengkreasikan seninya yang tentunya memiliki nilai jual tersendiri.  Buah dan sayur yang sudah memiliki keindahannya sendiri diukir atau dengan cara yang berbeda berbentuk bunga, topeng, ukiran ucapan hingga nama dan tokoh kartun. (ira) 

BAGIKAN