Maju ke Tingkat Nasional PHBS Kelurahan Penatih Diverifikasi Tim PKK Provinsi

21

Denpasar (Bisnis Bali) – Maju ke tingkat nasional program perilaku hidup sehat (PHBS) Kelurahan Penatih yang menjadi Duta Denpasar mewakili Provinsi Bali, diverifikasi lapangan oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Senin (10/4).

Tim verifikasi provinsi yang dipimpin Ny. Partiwi Setiawan diterima Sekretaris PKK Kota Denpasar, Ny. Sri Utari Puspawan bersama pengurus PKK Kota dan Kelurahan. Hadir dalam verifikasi tersebut Camat Denpasar Timur, Dewa Gede Puspawan dan instansi terkait.

Pengurus PKK Kelurahan Penatih, Ny. Kencana Dewi Hermawan, memaparkan tentang kegiatan PHBS untuk mewujudkan Kelurahan Penatih sehat dimulai dari mengajak masyarakatnya berperilaku hidup bersih dan sehat.

Menurutnya, PHBS merupakan pangkal untuk mewujudkan rumah tangga sehat. Sepuluh langkah yang menjadi indikator untuk mewujudkan PHBS telah dilakukan kelurahan Penatih mulai dari persalinan ditolong tenaga kesehatan, memberi ASI eksklusif, menimbang bayi setiap bulan, menggunakan air bersih serta mencuci tangan dengan air bersih. Di samping juga di tiap rumah tangga telah memiliki jamban sehat, termasuk pemberantasan sarang nyamuk, makan sayur dan buah setiap hari juga melakukan aktivitas fisik melalui olah raga serta tidak merokok di rumah.

Semua indikator PHBS tersebut telah diterapkan di Kelurahan Penatih ditambah dengan melakukan berbagai inovasi untuk mendukung program tersebut. Inovasi yang telah dilakukan mulai dari pemilahan sampah di rumah tangga dengan menerapkan Fermentasi Limbah Rumah Tangga (Felita) sampai pada pemanfaat sampuh untuk dijadikan kerajinan. (sta)

BAGIKAN