Lestarikan Sastra lewat ’’Nyurat’’ Aksara Bali

20
Sebanyak 14 siswa SMP se-Kabupaten Gianyar mengikuti lomba menulis atau nyurat aksara Bali, di Puri Agung Gianyar, Senin ( 10/4). (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Sebanyak 14 siswa SMP se-Kabupaten Gianyar mengikuti lomba menulis atau nyurat aksara Bali, di Puri Agung Gianyar, Senin ( 10/4).

Lomba ini digelar serangkaian dengan HUT ke-246 Kota Gianyar, sekaligus untuk menjaring duta Kabupaten Gianyar dalam lomba serupa di PKB Pronvisi Bali tahun ini.
Menurut Kabid Dokumentasi dan Kebudayaan Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar, Drs.I.A Made Adnyani, M.Si, lomba nyurat atau menulis aksara Bali di lontar memang rutin diadakan tiap tahun.

Hal ini sebagai upaya pelestarian dan pengembangan lontar itu sendiri agar tidak punah. Seperti diketahui masyarakat terutama generasi muda sangat sedikit yang menggemari seni sastra terutama sastra lontar. Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Dinas kebudayaan lewat lomba ini berupaya menjaring yang sedikit ini, bagaimana mereka bisa menularkan kepada teman yang lain bahwa menulis aksara Bali bukanlah suatu yang kuno namun sangat mengasyikkan.(kup)

BAGIKAN