Ciptakan Lingkungan Bersih, LPD Ketewel Kembangkan Program Bank Sampah

107
 Kepala LPD ketewel, I Ketut Wardika saat menunjukkan beberapa jenis sampah yang sering dikumpulkan masyarakat (wid)

Gianyar (Bisnis Bali)- Setelah tiga armada sampah sukses untuk menampung sampah yang ada di wilayah Desa Adat Ketewel, guna memotivasi masyarakat untuk meciptakan lingkungan, LPD Ketewel juga memiliki program Bank Sampah. Dari awal berdiri pada tahun 2015 lalu, Bank Sampah yang fokus pada pengelolaan sampah organik mengajak masyarakat mengumpulkan sampah plastik yang dapat didaur ulang.

Kepala Unit Penanganan Sampah dan Bank Sampah LPD Desa Adat Ketewel, I Made Suastika mengaku, awal mula keberadaan program ini, dikarenakan banyaknya sampah yang ada di wilayah Desa Adat Ketewel yang mencemari lingkungan. “Ide ini diciptakan oleh ketua LPD kami, I Ketut Wardika, yang kemudian dibicarakan dan disetuji dalam paruman desa,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, program Bank Sampah ini merupakan program yang membeli sampah dari masyrakat, dengan hasil penjualan tersebut bisa langsung ditabung di LPD Ketewel yang sewaktu-waktu bisa ditarik. Hingga saat ini, dia mengatakan nasabah yang dimiliki sebanyak 1.537 orang, yang merupakan ibu-ibu PKK di Desa Adat Ketewel. Dijelaskannya, dari program Bank Sampah ini, laba yang mampu diperoleh
LPD Ketewel hingga akhir 2016 lalu mencapai Rp 1.900.503. Menurutnya, dengan adanya progam Bank Sampah ini, mampu menumbuhkan motivasi masyarakat untuk mengumpulkan sampah-sampah yang ada disekitar rumah masyarakat. Harga beli dari sampah-sampah ini, dikatakannya, lumayan tinggi, mulai Rp 200 hingga Rp 1.000 per kilogram untuk sampah kertas, jenis plastik emberan Rp 1.000 per kilogram dan untuk jenis botol plastik bersih harganya bisa mencapai Rp 3.000 per
kilogram.

Disinggung soal sistem, Suastika menjelaskan, sistem pembelian sampahan organik ini yang dibawakan langsung oleh masyarakat,  selanjutnya ditimbang dan dilakukan pembayaran. Masyarakat, dikatakannya, bisa menyimpan pembayaran dengan menabung di LPD Ketewel ataupun bisa diterima secara langsung. Setelah sampah-sampah ini terkumpul, maka pihaknya akan memilah kembali sampah-sampah tersebut sesuai dengan jenisnya.(wid)

BAGIKAN