Berkhasiat Obat Sirih Merah banyak Peminat

132

DAUN sirih yang kerap digunakan untuk obat herbal membawa keuntungan bagi para penjual tanaman. Putri, penjual tanaman di pasar Beringkit mengatakan, permintaan tanaman sirih merah cukup tinggi. Namun bibit masih didatangkan dari luar Bali karena tidak ada yang membibitkan di Bali.

Daun sirih merah memiliki kandungan flavonoid, saponin, alkoloid, minyak atsiri, tanin dan cineole dan eugenol. Dengan begitu, sirih kaya manfaat bagi kesehatan dan kerap di gunakan sebagai obat herbal.

“Flavinoid adalah senyawa yang membuat daun sirih berwarna kemerahan,” ungkapnya. Saponin adalah senyawa aktif yang berfungsi untuk antimikroba Alkoloid adalah senyawa yang berfungsi sebagai anti kanker dan anti inflamasi. Minyak atsiri pada daun sirih merah berfungsi untuk antiradang dan antiseptik. Minyak atsiri ini mengeluarkan bau yang harum saat sirih merah direbus.Tanin adalah senyawa yang banyak terdapat pada tumbuhan yang tidak larut pada air. Eugenol adalah senyawa yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit pada daerah yang sakit.

1
2
BAGIKAN