Kerajinan Kendang Bali Tembus Pasar ASEAN

30
Kadek Arsana dalam proses pembuatan kendang pesanan.  (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) – Alat musik Bali yakni kendang merupakan salah satu alat musik utama dalam seni kerawitan Bali. Meskipun di tengah canggihnya teknologi, namun seiring perkembangan seni budaya Bali, membuat perajin alat musik Bali masih mampu bertahan dari profesinya untuk menghasilkan karya seni bernilai jual tinggi dan sebagai pelestari seni budaya Bali.

Kendang yang terbuat dari kayu dan kulit sapi ini memiliki peran penting dalam musik Bali, khususnya pengiring gambelan saat upacara keagamaan, sehingga bagi perajin kendang, bisnis ini merupakan bisnis yang menjanjikan karena peminatnya akan selalu ada, mengingat kebutuhan akan gambelan di setiap upakara keagamaan tidak pernah surut.

Kadek Arsana salah seorang perajin kendang dari Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, mengungkapkan, dirinya masih tetap bertahan untuk membuat kerajinan kendang. Dikatakan kerajinan kendang ini sudah ia tekuni dari 2002. Berawal dari bekerja sebagai tenaga perajin kendang di kawasan Badung dirinya kemudian mencoba mandiri dengan membuka usaha kendang di kawasan Kubutambahan sejak 2008 hingga kini.

1
2
BAGIKAN