Denpasar (Bisnis Bali) – Sejak beberapa minggu terakhir, harga cabai di pasaran mulai turun. Jelang Galungan yang lalu, harga dikatakan tidak mengalami kenaikan. Hingga saat ini, harga cabai mencapai Rp 42.000 per kilogram.

Salah seorang pedagang di Pasar Ketapian, Putu Prema Gita saat ditemui Jumat (7/4) kemarin mengatakan, turunnya harga cabai dikarenakan pasokan mulai terpenuhi. Dia mengaku, meskipun permintaan banyak jelang Galungan lalu, kenaikan tidak dirasakan olehnya. “Harga cabai memang terus turun, meskipun bertepatan dengan Galungan, tidak mempengaruhi harga,” katanya.

Namun, dia mengatakan harga bawang putih yang sedikit mengalami kenaikan, dari biasanya Rp 34.000 per kilogram, jelang Galungan hingga saat ini harganya naik menjadi Rp 38.000 per kilogram. Sementara itu, harga bawang merah saat ini masih stagnan yaitu Rp 30.000 per kilogram.

Senada dengan itu, pedagang lainnya Ni Ketut Murci, di Pasar Badung Cokroaminoto juga mengatakan, harga cabai terus turun yang saat ini mencapai Rp 50.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 65.000 per kilogram untuk cabai kualitas unggul. Harga bawang putih juga dikatakannya naik menjadi Rp 38.000 per kilogram. Untuk bawang merah, dia mengatakan ada dua jenis harga yaitu Rp 35.000 untuk bawang yang kualitas bagus dan Rp 30.000 untuk yang kualitas standar.(wid)

BAGIKAN