Dibutuhkan Hotel dan Restoran Selada Keriting Menjanjikan

27

SAYUR selada banyak dibutuhkan hotel dan restoran di Bali, sehingga budi daya Selada cukup menjanjikan bagi para petani sayur. Selada jenis keriting paling banyak dikembangkan di kawasan Candi Kuning Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Wayang Mustika, petani sayur asal Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan mengatakan, banyak petani di desanya membudidayakan selada, karena sangat mudah dikembangkan. “Budi daya selada sangat mudah dan cepat panen,” katanya sembari menambahkan, dalam waktu dua bulan sudah bisa panen, pemeliharaan juga tidak sulit.

Pada dasarnya selada tumbuh subur pada suhu antara 15-25° C dengan ketinggian 900 meter hingga 1.200 meter dari permukaan laut. Jenis tanah yang disukai selada keriting adalah lempung berdebu, lempung berpasir, dan tanah yang masih mengandung humus. Kebutuhan benih selada per satu hektar lahan adalah 250 gram. Untuk mendapatkan hasil optimal, benih selada keriting sebaiknya disemai terlebih dahulu sebelum ditanam di hamparan lahan yang luas.

1
2
BAGIKAN