Teknik Sospeso Digemari Penghobi Lukisan ‪

86

SENI menghias dengan menggunakan tisu atau yang lebih dikenal dengan decoupage terus berkembang. Teknik terbaru dari decoupage yang sedang digandrungi adalah sospeso. Teknik ini sedikit lebih rumit dari decoupage dasar, namun hasilnya lebih cantik dan terlihat seperti lukisan tiga dimensi ( 3D ).

‪Sospeso merupakan teknik dekoratif decoupage yang belakangan sangat disukai, khususnya oleh para penghobi lukisan. Teknik ini lebih pada seni membuat dekorasi dari kertas ke film transparant khusus, sehingga membentuk pola sesuai dengan yang diinginkan. Sospeso ini menurut Ni Made Muliawati, pemilik Mulia Bali Craft di bilangan Jalan Trijata I No. 8 Denpasar, memang lebih rumit dari decoupage dasar. Namun belakangan teknik ini mulai banyak yang tertarik untuk mempelajari. “Sospeso membutuhkan ketelitian yang lebih dari decoupage dasar. Selain itu keterampilan dalam memadukan gambar dan warna sangat dibutuhkan, untuk menghasilkan karya seni yang indah,” ucapnya.

‪Sospeso dapat diaplikasikan pada kanvas, bingkai foto, dapat dibuat menjadi bross dan hiasan lainnya. “Sospeso kalau mau diaplikasikan pada keben, dompet dan Clutch yang selama ini banyak digunakan pada teknik decoupage dasar memang kurang tepat. Karena orang yang membawanya jadi ribet, sering nyangkut di kebaya,” ungkapnya. Sehingga teknik ini lebih banyak digunakan untuk dekorasi ruangan.

‪Sospeso adalah kerajinan volume decoupage 3D diciptakan dan dipatenkan oleh seniman Italia Monica Allegro. “Pada dasarnya sospeso adalah teknik memotong pola yang terdapat pada film plastik, yang kemudian dipanaskan untuk memudahkan dalam membentuk sehingga terlihat seperti tiga dimensi. Pola yang telah dibentuk kemudian ditempelkan menggunakan lem tembak,” tuturnya. (pur)

BAGIKAN