Mentimun Baby Budi Daya Mudah, Untungnya Besar  

13

MENTIMUN baby yang memiliki banyak khasiat, cukup diminati. Namun hingga saat ini belum banyak petani di Bali yang membudidayakan, padahal budi daya sangat mudah dan mendatangkan keuntungan besar.

“Saya mengawali budi daya mentimun baby ini, karena melihat permintaan pasar yang cukup tinggi dan keberadaan komoditi yang masih sulit. Selama ini mentimun baby didatangkan dari luar daerah bahkan luar negeri,” ucap Tami Suharto, petani mentimun baby. Budi daya mentimun baby yang dilakukannya menggunakan teknik organik, karena mentimun baby ini cenderung digunakan untuk terapi pengobatan. Selain itu mentimun baby langsung dimakan tanpa dikupas ataupun diolah sehingga harus terbebas dari pestisida dan bahan kimia lainnya.

Permintaan saat ini mencapai 40-50 kg per hari. Namun pihaknya belum mampu memenuhi permintaan tersebut, karena per hari ia hanya mampu memanen 30-35 kg mentimun baby.

Untuk budi daya diawali dengan pengolahan tanah dan membuat bedengan dengan jarak satu meter. Kemudian dilakukan pemupukan dasar, dan pengendalian Ph tanah dengan kapur pertanian karena Ph yang tepat adalah 6-7.  Pupuk yang digunakan adalah pupuk kompos, setelah itu lahan didiamkan sekitar 2 minggu. Baru dilakukan pemasangan mulsa, sehari sebelum penanaman baru dilakukan pelubangan mulsa dengan jarak tanam 50 cm bujur sangkar. (pur)