Penuhi Kebutuhan Cabai Rawit Dinas Pertanian Optimalkan Produk Lokal

12
Pasokan cabai yang dipasarkan  di Kabupaten Gianyar. (kup)

GIanyar (Bisnis Bali) – Minimnya pasokan cabai rawit dari luar daerah menyebabkan terjadi penurunan pasokan cabai rawit di Bali. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar, Made Raka, Rabu (11/1), mengatakan, penuhi kekurangan pasokan cabai dari luar Dinas Pertanian Gianyar akan mengoptimal produk cabai lokal untuk pemenuhan kebutuhan cabai rawit di pasar umum di Gianyar.

Diungkapkannya, keterbatasan pasokan cabai rawit ini terjadi di seluruh Bali, yang berimbas pada kelangkaan pasokan cabai di pasar umum. ‘’Keterbatasan pasokan menjadi indikator penyebab peningkatan harga cabai rawit di pasar umum termasuk di Gianyar,’’ katanya.

Ia menjelaskan, Dinas Pertanian Gianyar tentunya ikut berupaya mengatasi kekurangan pasokan cabai. Ini diharapkan  peningkatan harga cabai jangan sampai terus melambung tinggi.
Dipaparkannya, petani di Gianyar masih banyak mengembangkan budi daya cabai, termasuk upaya masyarakat menanam cabai di pekarangan rumah masing-masing.  “Dengan penanaman cabai di pekarangan, Gianyar dapat mengurangi ketergantung pasokan cabai di luar daerah,” ucapnya. (kup)