Buka Peluang Usaha, Orderan Ogoh-ogoh Mini Meningkat

112
Pemesanan ogoh-ogoh yang meningkat menjelang perayaan Nyepi. (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Perayaan Hari Raya Nyepi yang dimeriahkan pawai ogoh-ogoh saat Hari Pengrupukan, memberikan inspirasi bagi para perajin untuk membuat kerajinan ogoh-ogoh.

Perajin Batu Paras dari Banjar Mukti Desa Singapadu, Nyoman Suasta, Selasa (10/1) mengatakan, para perajin batu paras ini kebanjiran orderan untuk membuat ogoh-ogoh jelang perayaan Nyepi.
Ia menjelaskan, pesanan ogoh-ogoh ini tidak hanya datang masyarakat dari Seputaran Gianyar. Pesanan ogoh-ogoh ini juga datang dari luar Gianyar seperti Badung, Denpasar bahkan sampai Singaraja.
Dipaparkannya, kemajuan sektor pariwisata mendorong adanya pesanan ogoh-ogoh yang datang dari kawasan Nusa Dua, Jimbaran dan Kuta. Pemesanan ogoh-ogoh mulai dari masyarakat secara perorangan, warung, toko, sampai artshop.
Lebih lanjut dikatakannya, para pedagang ini membeli pasokan ogoh dijual di tokonya masing-masing. Harga ogoh-ogoh ini mencapai Rp 50.000-Rp 60.000 per pcs. Untuk ukuran yang lebih besar kisaran Rp 100.000-Rp 3 juta per pcs.  (kup)

BAGIKAN