Perbankan Diprediksi masih Fokus Tingkatkan Dana Murah  

24

Mangupura (Bisnis Bali) – Kalangan perbankan diprediksi masih fokus pada upaya meningkatan komposisi dana murah dalam dana pihak ketiga (DPK) tahun ini. Itu sebagai bentuk memperkuat posisi pendanaan, tak hanya memperbaiki likuiditas yang masih ketat pada 2017.

Pemerhati perbankan Kusumayani, M.M. saat dihubungi di Nusa Dua, Senin (9/1) kemarin mengatakan, pada caturwulan I ini bank sepertinya masih akan berupaya meningkatkan komposisi dana murah atau current account saving account (CASA) yang lebih tinggi daripada deposito. Ini berkaitan dengan kepercayaan masyarakat terhadap bank.

“Di tengah suku bunga perbankan saat ini, tentu bank akan memperbaiki struktur pendanaan secara berkelanjutan dari pengalaman pada 2016. Di sisi lain, hal tersebut juga diharapkan dapat membantu mengurangi besaran biaya dana yang perlu dikeluarkan,” katanya.

Sumber dana merupakan salah satu komponen yang terpenting bank dalam menghasilkan laba selain kredit. Makin besar komposisi dana murah dalam perbankan maka makin besar pula potensial laba yang dapat diperoleh dari penyaluran kredit. (dik)

BAGIKAN