Tingkatkan Profesionalisme Kerja Disnaker Dorong Gianyar Jadi Kabupaten Kompeten  

15
Kegiatan sertifikasi tenaga kerja guna mengantongi sertifikasi kompetensi. (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) –Persaingan dalam kancah masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) mendorong  tenaga kerja, termasuk di Kabupaten Gianyar wajib meningkatkan kompetensinya. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar, AA. Dalem Jagadhita, Minggu (8/1)  mengatakan, Disnaker tentu telah mengarahkan peningkatan kualitas tenaga kerja menuju Gianyar kabupaten kompeten.

Diungkapkannya, berdasarkan urusan pemerintahan bidang ketenagakerjaan tentu bertujuan menekan angka pengangguran. ‘’Ini seiring dengan rencana pencapaian misi untuk mewujudkan tenaga kerja yang profesional,’’ katanya.

Ia menjelaskan, untuk mewujudkan profesionalisme ini, tiap tenaga kerja wajib memiliki keahlian khusus. Peningkatakan kemampuan atau keahlian berdasarkan profesi kerja masing-masing mesti melalui uji kompetensi. Seperti tenaga kerja di bidang pariwisata mesti mengantongi sertifikasi kompentensi sesuai bidangnya masing-masing.

Dipaparkannya, dengan sertifikasi kompetensi ini, akan membuat tenaga kerja Gianyar mandiri dan berdaya saing tinggi. Dengan keahlian yang dimiliki naker Gianyar bisa bersaing dalam pasar kerja lokal, nasional dan internasional, karena keahlian yang dimiliki sudah mengacu pada standar SKKNI yang berlaku di kawasan ASEAN.   (kup)