ATM Kebobolan, SDM dan Sistem Bank belum Kuat

12

Denpasar (Bisnis Bali) Industri perbankan yang ada saat ini diprediksi belum semuanya kuat di sumber daya manusia (SDM) dan sistem. Karena itu, pada 2017 ini industri perbankan diharapkan mampu meningkatkan SDM dan sistemnya untuk sama-sama kuat, bukan hanya salah satu saja yang kuat.

“Bank yang kuat secara SDM dan sistem diyakini akan terhindar dari tindak kejahatan, atau setidaknya berhasil mencegah, mampu menggagalkan tindakan kejahatan terhadap banknya,” kata praktisi perbankan, IB Kade Perdana, M.M., di Sanur, Minggu (8/6).

Wakil Ketua Umum Kadin Bali Bidang Fiskal dan Moneter ini mengatakan, berdasarkan pantauan ada bank BUMN yang tampaknya memiliki SDM dan sistem yang kuat, bahkan sistem teknologinya tercanggih mempergunakan satelit tetapi kenyataanya kebobolan di ATM-nya. Simpanan uang nasabahnya banyak yang terkuras oleh para pembobol bank.

Dari sini, kata mantan Dirut Bank Sinar ini, dapat ditarik kesan pada dasarnya bank yang dianggap kuat secara SDM dan sistem ternyata tidak demikian adanya.(dik)